Kuliner Khas, Pintu Utama dalam Mengenal Ragam Budaya Daerah

by SuraniPIT-PIT KB 2018


Posted on Sat, 10-11-2018 22:30



Indonesia merupakan negara dengan sejuta keragaman budaya, dengan keanekaragaman suku, adat-istiadat, dan keseniannya, Indonesia menjadi negara yang cukup memikat. Selain karena keindahan budayanya, Indonesia juga cukup populer dikenal sebagai negara yang kaya akan rempah-rempah. Dengan kekayaan rempah-rempah dari Sabang sampai Merauke, cita rasa kuliner Indonesia tentu tak diragukan lagi. Indonesia memiliki ribuan jenis kuliner yang sangat variatif dan menggoyang lidah.

Berikut adalah 7 makanan khas Indonesia yang banyak diburu.

1. Sambal

Secara teknis, sebenarnya sambal adalah bumbu, saus berbasis cabai yang merupakan bahan pokok semua meja makan di Indonesia. Hidangan tak akan lengkap kecuali memiliki kombinasi cabai, dengan tambahan gula dan garam, lalu diberi perlakuan yang memiliki istilah “uleg”.

2. Sate

Sate adalah daging yang ditusuk lalu dimasak di atas batu arang yang panas sehingga menghembuskan asap dan baunya mempu memikat orang-orang. Sate dapat terbua dari ayam, kambing, atau kelinci. Daging dipotong dan dibumbui, lalu dibakar, dan dimandikan dengan saus kacang,

3. Bakso

Bakso merupakan makanan favorit banyak orang di Indonesia. Bakso umumnya terbuat dari daging ayam atau sapi, yang dihaluskan lalu dibentuk bulat seukuran bola golf, atau bisa lebih besar. Bakso banyak dijual melalui gerobak dorong atau kaki lima, lalu ditambahkan bawang goreng, daun bawang, dan kuah. Bakso mendapatkan ketenaran internasional ketika Presiden AS Barrack Obama menyebut bakso merupakan favoritnya ketika berkunjung di Jakarta.

4. Soto

Soto merupakan masakan tradisional yang terdiri dari kald dan bahan-bahan yang bervariasi di seluruh nusantara. Umumnya, soto terdiri atas kuah bening dengan tambahan daging ayam, kambing, atau sapi. Jenis soto juga bervariasi di tiap daerah. Di Jakarta, dikenal soto betawi yang memiliki rasa manis, lembut, dan bersantan.

5. Gado-gado

Siapa yang tak kenal gado-gado? Gado-gado merupakan makanan populer masyarakat Indonesia. Pada dasarnya, gado-gado adalah masakan yang terdiri atas sayur-sayuran dan dilumuri saus kacang kental. Biasanya pada gado-gado terdapat kacang panjang, bayam, kentang, jagung, tauge, mentimun, telur, dan ditambah tahu-tempe.

Itulah 5 masakan khas Indonesia. Masih sangat banyak masakan khas nusantara yang kaya rasa. Indonesia itu kaya. Tidak hanya kaya isi perut buminya, isi lautnya, orang-orangnya, budaya-budayanya, tapi juga kaya selera dan cita rasanya. Rugi sekali tinggal di Indonesia, jika tidak pernah mencoba berbagai kuliner khasnya. Karena makanan khas adalah pintu utama dan cara yang sangat asyik dalam mengenal ragam budaya baru.

Kampung Budaya diikuti 39 Forda dari seluruh Indonesia dengan keunikan budaya masing-masing

11 November 2018 di SAMANTA KRIDA UNIV. BRAWIJAYA


Pencarian
Acara Kita
Copyright © PIT & DDM Kampung Budaya 2018 - Universitas Brawijaya