lihat semua

KALIMANTAN UTARA BENUANTA

Tue, 22 September 2020

Halo, Sobat Budaya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Kalimantan Utara.  Provinsi ke-34 NKRI ini punya banyak hal menarik yang belum Sobat ketahui, lho! Mau tahu apa saja? Yuk, simak fakta-fakta unik kaltara berikut ini! 

 

1. Provinsi Termuda di Indonesia

Peta Kalimantan Utara Gambar HD Lengkap dan Keterangannya

Peta Kalimantan Utara

Tahukah Sobat provinsi mana yang merupakan provinsi termuda di Indonesia? Yap, jawabannya adalah Kalimantan Utara. Kalimantan Utara atau yang sering disingkat Kaltara ini baru diresmikan menjadi sebuah provinsi pada 25 Oktober 2012. Provinsi ini berada di bagian utara dari "provinsi induk" Kalimantan Timur (Kaltim). Ibukota Kaltara adalah Tanjung Selor yang terletak di Kabupaten Bulungan. Provinsi ini memiliki luas wilayah 75.467,70 km persegi. Ibukota Kaltara adalah Tanjung Selor. Penduduk asli Kalimantan Utara adalah Suku Bulungan, Suku Dayak, Suku Banjar, Suku Kutai dan Suku Tidung.

https://ilmupengetahuanumum.com/daftar-kabupaten-dan-kota-di-provinsi-kalimantan-utara/


 

2. Satu Pulau Dua Negara

Ciri Khas Unik Pulau Sebatik - Kompasiana.com

Bagaimana jadinya jika dalam satu pulau terdapat dua negara? Faktanya memang ada loh. Tau gak sih, provinsi Kaltara berbatasan langsung dengan negara tetangga Malaysia? Hal ini dikarenakan beberapa bahan kebutuhan pokok lebih mudah diakses dari negeri seberang, Malaysia. Indonesia dan Malaysia merupakan negara tetangga yang memiliki batas darat laut. Salah satu batas darat antara kedua negara itu terletak di sebuah pulau kecil yang bernama Pulau Sebatik. Pulau Sebatik dibagi menjadi dua bagian, satu bagian masuk ke wilayah Indonesia dan satu bagian lainnya masuk ke wilayah Malaysia. Unik bukan?

Menariknya, konflik mengenai perbatasan negara tak dirasakan oleh penduduk asli Pulau Sebatik. Justru persahabatan kedua negara menjadi sangat terlihat karena warga negara bisa saling mengunjungi tanpa direpotkan dengan urusan administrasi lintas negara. Transaksi jual beli pun sejak tahun 80-an hingga saat ini masih dilakukan dengan mata uang ganda yaitu rupiah dan ringgit. 

https://republika.co.id/berita/ph440i314/rumah-dua-negara-di-pulau-sebatik

https://kumparan.com/kumparanbisnis/masyarakat-sebatik-masih-gunakan-mata-uang-ganda-untuk-jual-beli-1534421249230776088


 

3. Hutan Lindung Sungai Sesayap

5 Wisata yang Paling Favorit di Kalimantan Utara – Tips Liburan Keren

Ternyata di provinsi baru ini memiliki banyak spot-spot wisata yang menarik dan tidak kalah dengan tempat wisata di provinsi lainnya, lho, Sobat. Salah satunya Hutan Lindung Sungai Sesayap. Bagi Sobat yang punya jiwa petualang dan suka wisata alam dengan menyusuri sungai, maka lokasi ini cocok untuk dikunjungi. Di hutan lindung ini juga terdapat hewan-hewan langka seperti orang utan, hewan pengerat, kera dan burung. Akses transportasi juga disediakan yaitu speedboat reguler Malinau – Tarakan. Perjalanan dengan memakai speed boat dapat ditempuh selama 3,5 jam. Bagaimana, tertarik untuk mengunjungi nya

https://nairobicitystars.com/5-wisata-yang-paling-favorit-di-kalimantan-utara/

 

 

4. Tradisi Mamat

IRAU Malinau 2018 - Upacara Adat Dayak KENYAH - YouTube

Kalimantan Utara memang terkenal akan tradisi dan budaya nya. Tercatat, ada 19 tradisi dan budaya asli daerah yang ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. Salah satunya adalah tradisi Mamat. Tradisi Mamat merupakan upacara sakral yang dilaksanakan oleh Suku Dayak Kenyah, Kalimantan Utara, sebagai wujud rasa syukur kepada Sang Pencipta atas kemenangan yang diraih dalam medan peperangan. Tradisi ini juga disebut sebagai penyucian diri yang dilakukan oleh kaum pria. 

Tradisi Mamat Bali Akang yang sangat keramat tersebut berisi iringan alat musik tradisional seperti sampe, gambangan kayu, dan para perempuan yang menari Datun Julud untuk menyambut para pahlawan tersebut. 

https://www.minews.id/kisah/ngayau-tradisi-mengerikan-suku-dayak-yang-sempat-muncul-tahun-2001

 

5. Tradisi ‘Rumah Tengkorak’ Khas Rumpun Dayak Dusun

BANGKAWAN (RUMAH TENGKORAK) – TRADISI KAUM DAYAK | KASKUS

Provinsi Kalimantan Utara memiliki berbagai tradisi dari bermacam-macam suku. Salah satunya dari rumpun Dayak Dusun. Mereka dikenal memiliki kebiasaan membangun sebuah rumah tengkorak yang disebut Bangkawan. Bangkawan merupakan rumah-rumahan kecil yang berisi tengkorak manusia, biasanya diletakan di bagian depan rumah mereka. Tengkorak manusia akan disimpan didalam rumah-rumahan kecil ini selama bertahun-tahun sebagai simbol keberuntungan. Penduduk setempat sering menyebut tengkorak manusia ini dengan sebutan ragas, kinoring atau kinodou yang konon memiliki banyak sekali fungsi. Bagi masyarakat rumpun Dayak Dusun, semakin banyak tengkorak, semakin kuat pula kekuatan dari desa karena bisa mengalahkan musuh.

https://www.boombastis.com/bangkawan-suku-dayak/79001