lihat semua

KALIMANTAN TENGAH ISEN MULANG

Tue, 22 September 2020

Halo, Sobat Budaya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Kalimantan Tengah. Provinsi dengan Ibukota Palangkaraya ini menyimpan berbagai budaya dan kuliner yang menarik. Selain budaya dan kuliner nya, kira-kira apa lagi yang Sobat tahu tentang Kalimantan Tengah? Jelajahi Provinsi Kalimantan Tengah, yuk! 

1. Tari Adat Kematian Babukung di Lamandau

Tarian Babukung, Upacara Adat Kematian Suku Dayak Tomun di Kalteng ...

Berbicara mengenai Kalimantan Tengah memang erat kaitannya dengan budaya dan adat istiadat Suku Dayak ya, Sobat. Di Kabupaten Lamandau terdapat suatu pertunjukan Tari Babukung yang merupakan tarian ritual adat kematian Suku Dayak Tomun di Lamandau. Tarian ini juga masuk ke dalam 100 Kalender Event Wonderful Indonesia Kementerian Pariwisata lho, Sobat.  Tarian ini menggunakan topeng dengan karakter hewan tertentu yang disebut Luha, sedangkan para penari disebut Bukung. Bukung-bukung ini datang dari desa tetangga atau kelompok masyarakat dengan tujuan menghibur keluarga duka sembari menyerahkan bantuan. Selain dinilai menarik, unik dan eksotis. Tarian adat ini juga menunjukkan nilai kekeluargaan dan gotong royong. Maka dari itu, Pemkab Lamandau menjadikan Festival Babukung sebagai agenda tahunan. 

https://www.borneonews.co.id/berita/39871-tari-babukung-kental-makna-filosofis

 

 

3. Taman Nasional Sebangau Pernah Menjadi Latar Film Hollywood

Menjelajahi Taman Nasional Sebangau yang Punya Jalur Hewan Langka 

Sobat penggemar film hollywood, tau gak sih Taman Nasional Sebangau pernah dijadikan sebagai  lokasi syuting film Anaconda: The Hunt of Blood Orchid pada tahun 2014. Bangga ya! Panorama hutan mangrove dan Sungai Sebangau di TN Sebangau menjadi daya tarik sendiri untuk sutradara sekuel Anaconda, Dwight H. Little. Alur utama film ini berisi tentang sebuah tim peneliti yang menuju ke pulau Kalimantan untuk mencari bunga suci, yang mereka percaya akan membawa manusia lebih lama dan hidup sehat, atau mungkin bahkan menyembuhkan kanker. 

Nah Sobat, sekuel Anaconda ini bisa jadi rekomendasi yang menarik buat ditonton di akhir pekan nih, biar semakin bangga dengan alam Indonesia tentunya!

https://www.superadventure.co.id/news/21312/menjelajahi-taman-nasional-sebangau-yang-punya-jalur-hewan-langka-/

 

 

3. Taman Nasional Tanjung Puting, ‘Amazon’ nya Indonesia

tanjung-puting - Phinemo

Taman Nasional Tanjung Puting, pernah mendengar taman nasional ini? Memang ketenarannya tidak banyak yang tahu yah, maka tak heran jika mungkin Sobat yang berada di luar Pulau Kalimantan baru mengetahui taman nasional ini. Nah Sobat, Taman Nasional Tanjung Puting awalnya merupakan cagar alam yang ditetapkan oleh pemerintah Hindia Belanda pada tahun 1937, kemudian ditetapkan sebagai taman nasional oleh pemerintah Indonesia pada tahun 1996. Taman Nasional ini merupakan Konservasi Orang Utan terbesar di Dunia dengan lahan seluas 415.040 hektar. Wah!

Sekitar 6.000 orang utan terdapat di Taman Nasional ini. Pada saat melakukan aktivitas trekking, selain menemukan orang utan, Sobat juga dapat menemukan hewan buas lainnya seperti babi hutan, macan dan tapir. Asalkan Sobat selalu mengikuti protokol yang sudah disarankan oleh para pihak yang berwajib di taman nasional ini, para hewan buas tersebut tidak akan mengganggu, kok!

Sobat pasti tahu sungai Amazon di Amerika Selatan bukan? Sungai terpanjang kedua di dunia tersebut terdapat sebuah sungai yang memiliki ukuran besar serta panjang. Selain itu, lokasi sungai juga tepat berada di tengah-tengah kawasan. Sama halnya dengan Taman Nasional Tanjung Puting, sungai unik ini juga berada di tengah-tengah tumbuhan dan pepohonan yang sudah berusia ratusan tahun. 

Kebayang, dong, rasanya bersantai di atas perahu sembari menikmati pemandangan alam yang luar biasa seperti itu. Menakjubkan! 

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/menyapa-orangutan-di-taman-nasional-tanjung-puting

 

 

4. Tumbuhan Raksasa Endemik TN Tanjung Puting

the verry big treet from west sumatra,Indonesia - YouTube

Selain orang utan yang dijadikan sebagai fauna endemik, Kalimantan Tengah juga memiliki flora endemik yang disebut pohon ulin atau kayu besi. Pohon yang memiliki nama latin Eusideroxylon zwageri ini merupakan jenis pohon asli Indonesia yang khas dari Kalimantan.  ini termasuk salah satu pohon raksasa di dunia dengan tinggi dapat mencapai 30 meter dengan diameter 60 hingga 120 cm. Tumbuhan endemik ini dikenal unik karena kayunya dapat bertahan di segala macam cuaca. Jika terkena air semakin keras, begitu pun sebaliknya. Kayu ulin juga awet dan tahan terhadap serangan rayap. hal ini membuat kayu ulin banyak dijadikan sebagai kayu mebel dengan harga pasar yang tinggi. 

https://mmc.kalteng.go.id/berita/read/753/pohon-ulin-si-pohon-besi-terkenal-di-kalimantan

 

 

5. Empat Pakaian Adat Kalimantan Tengah

Baju Sangkarut

Baju Sangkarut 

 

Membahas kekayaan dan budaya di Indonesia memang tidak ada habisnya, yah. Salah satu keanekaragaman tersebut terletak pada pakaian adat dari Kalimantan Tengah. Beberapa jenis baju adat khas yang dimilikinya yaitu baju berantai, baju tenunan, baju sangkarut dan baju pawang. 

Kita ulas satu-satu, yuk. Baju berantai merupakan baju khas Dayak Ngaju yang umumnya digunakan untuk aktivitas perang. Baju Tenunan merupakan baju adat dengan ciri khas seni tenun/anyamannya. Umumnya menggunakan motif alami, flora dan fauna. Sama halnya dengan baju berantai, baju tenunan juga digunakan saat berperang. Baju sangkarut merupakan pakaian adat Kalimantan Tengah yang telah diresmikan secara nasional. Pakaian adat ini biasa digunakan untuk upacara perkawinan, upacara adat hingga digunakan untuk berperang. Terakhir, baju pawang yakni baju yang digunakan hanya untuk ulama maupun dukun. Baju pawang sendiri terbuat dari serat kayu dengan hiasan dari manik manik atau umbaian.

https://ragam.cahunnes.com/2018/03/pakaian-adat-kalimantan-tengah-ulasan.html

 

 

6. Rotan Disulap Menjadi Makanan Khas Kalteng 

Makanan Khas Suku Dayak yang Wajib Dicoba – UMKM KALBAR

Mendengar kata rotan, Sobat pasti berpikir mengenai furniture. Tapi siapa sangka, jika warga Kalimantan Tengah dapat menyulap bahan tersebut menjadi makanan yang sangat lezat. Tidak hanya itu, bahkan makanan dari rotan ini memiliki pesona tersendiri dan mampu menjadi primadona kuliner di sana, lho

Makanan unik khas Kalimantan Tengah ini bernama Juhu Umbut Rotan.  pengolahan rotan menjadi makanan lezat bukanlah perkara mudah tentunya. Suku Dayak pun memiliki teknik sendiri saat mengolahnya, mulai dari pemilihan rotan yang harus muda atau masih bertunas, hingga menambahkan santan kental dan encer agar tekstur rotan seperti rebung. Juhu Umbut Rotan ini memang warisan leluhur Suku Dayak, namun kini siapa saja bisa memasaknya di rumah, sebab resepnya sudah banyak tersebar di media sosial. Tertarik mencoba nya?

https://seringjalan.com/kuliner-khas-kalimantan-tengah/