lihat semua

SUMATRA UTARA MAR SIPATURE HUTANA BE

Tue, 22 September 2020

Dikenalnya sebagai provinsi dengan orang-orang yang keras, tangguh, dan tahan banting dalam segala kondisi, padahal aslinya lembut sekali. Warna-warninya budaya Indonesia juga tercermin di sini! Yuk kenalan lebih jauh dengan Provinsi Sumatra Utara!

1. Dali Ni Horbo, Keju Lokal dari Batak

Dali ni Horbo - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas

Tau engga, sih kalau ada makanan khas yang sering disebut keju Batak? Bahkan sudah ada toko roti di Balige yang membuat pizza dengan keju batak ini! Nama hidangan ini memang mungkin masih tidak lazim di telinga—Dali Ni Horbo.  Dali Ni Horbo, atau Bagot Ni Horbo merupakan makanan khas dari daerah Tapanuli yang dibuat secara tradisional dari bahan dasar berupa susu kerbau, makanya sering dijuluki sebagai keju batak! Dalam Bahasa Batak, “dali” dan “bagot” berarti susu dan “horbo” berarti kerbau. Susu kerbau memiliki jumlah protein yang tinggi dan kolesterol yang rendah, jadi bisa dikonsumsi segala usia. Hidangan ini secara tekstur mirip kembang tahu dengan rasa gurih. Wah kalau ke Tapanuli kita coba ya, Sobat Budaya!

https://www.tripelaketoba.com/kuliner-dali-ni-horbo/

https://www.tagar.id/dali-ni-horbo-makanan-sehat-khas-batak

 

2. Tor-Tor Sigale-Gale dengan Aura Mistisnya

Tari Tor Tor Sigale Gale Boneka Kayu Yang Menari Tarian Adat Samosir,art

Daya tarik tarian dari Tapanuli Utara ini berupa patung menyerupai manusia lengkap dengan baju tradisional Batak yang digerakkan seolah-olah ikut menari bersama. Menurut legenda, Sigale-gale dibuat untuk menghibur seorang raja Samosir yang terpukul karena kematian putra satu-satunya, Manggale. Melalui ritual pemanggilan roh, akhirnya patung bergerak menari-nari dan berhasil menghibur sang raja hingga akhirnya bisa memimpin rakyatnya lagi. Sekarang tentu ritual pemanggilan roh tidak lagi dilakukan. Patung digerakkan dengan bantuan alat yang dilengkapi tali. Dengan durasi satu jam—iya benar, satu jam—pertunjukan Tor-tor Sigale-Gale diiringi musik tradisional gondang dan oleh penari lainnya. Tarian ini juga sudah menjadi atraksi wisata, loh! Dengan durasi yang lama dan sejarah yang agak mistis, mengikuti tarian ini sepertinya akan menantang, ya!

http://www.negerikuindonesia.com/2015/12/tari-sigale-gale-kesenian-tradisional.html

https://www.senibudayasia.com/2016/11/tari-tor-tor-sigale-gale-boneka-kayu.html

 

3. Kain Ulos? Kalau di Karo Pakaian nya kain Uis!

 Pameran Kain Ulos, Salah Satu Produk Peradaban Tertua di Asia - National  Geographic

Uis nipes | Seni, Ornamen, Kain

Setiap keluarga Batak pasti punya kain Ulos yang dirawat turun-temurun sebagai harta karun keluarga dan sukunya. Tapi Sobat Budaya tau engga, sih kalau kain Ulos itu lebih banyak digunakan oleh suku Batak Toba dan sekitarnya aja? Nah jadi, bagi orang-orang Karo dikenal yang namanya kain Uis. Orang-orang Karo tidak memiliki kain Ulos dan orang-orang Batak Toba dan sekitarnya juga tidak memiliki kain Uis. Keduanya sama-sama tidak pernah absen dari acara-acara penting adat. Kalau begitu, membedakan keduanya gimana, dong?

Secara singkat, ada beberapa perbedaan mendasar yang bisa menjadi patokan untuk membedakan keduanya. Dilihat dari gambar di atas, yang merah kain Uis dan yang ungu kain Ulos. Kain Uis biasanya lebih sederhana dari segi warna dan motif dengan mayoritas berupa garis vertikal atau zig-zag. Sedangkan kain Ulos, biasanya lebih banyak menggunakan warna dan motif yang lebih bermacam-macam dan kompleks. Unik juga ya Sobat Budaya!

https://brisik.id/read/53736/mengenal-kain-uis-dari-tanah-karo

https://www.beritasatu.com/nasional/589550-mengenal-ulos-sebagai-kain-tradisional-khas-batak

 

4.Hombo Batu, Lompati Tumpukan Batu 2 m Sebagai Seleksi Prajurit Kerajaan

Tradisi Lompat Batu di Pulau Nias bermula sebagai syarat bagi pemuda desa untuk bisa ikut perang.

Jadi dulu sekali, seorang pemuda dianggap sudah dewasa dan siap menjadi prajurit kerajaan apabila ia bisa melompati batu setinggi 2 m. Kenapa harus 2 m? Ini karena dulu, bambu atau tumpukan batu setinggi 2 m sering dijadikan benteng pelindung wilayah. Makanya, kemampuan melompati batu setinggi 2 m jadi syarat wajib untuk ikut perang. Kini, sudah menjadi tradisi sekaligus atraksi wisata dari Pulau Nias, tepatnya Desa Bawomataluo. Peserta mengenakan baju tradisional Nias bersiap-siap melompati batu setinggi 2 m sambil disaksikan seluruh warga. Oh iya, tau engga sih kalau pemerintah sejak 2019 telah mengusahakan agar Hombo Batu menjadi warisan dunia UNESCO? Wah, kalau begini, tentu bakal bangga banget, ya! Kalau Sobat Budaya ingin menyaksikan langsung Hombo Batu—atau bahkan menantang diri sendiri, nih—yuk sama-sama ke Pulau Nias, Sumatra Utara!

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20191002133018-269-436034/pencarian-pemuda-gagah-dalam-tradisi-lompat-batu

https://travel.kompas.com/read/2018/01/24/113318627/tradisi-lompat-batu-bawomataluo-persiapan-sebelum-perang

 

5. Kosa Kata Sehari-Hari yang Unik

ngobrol bareng - Phinemo

Pernah, nih sekali salah satu teman ngomong “Eh, minta teh dong,” yang langsung bikin teman-teman yang lain bingung karena engga ada satu pun yang lagi minum teh. Nah ternyata oh ternyata, yang dimaksud ‘teh’ itu adalah air putih! Jadi dia bilang kalau di Medan, ‘teh’ itu dipakai untuk merujuk ke air minum biasa, engga cuma minuman teh aja. Unik juga ya, Sobat Budaya! Selain ‘teh’, nih juga ada ‘galon’ yang artinya ‘POM bensin’, ‘pasar’ yang artinya ‘jalan aspal’, ‘pajak’ yang merujuk ‘pasar’, ‘kereta’ yang merujuk ke ‘motor’, ‘motor’ untuk mobil. Wah bingung, ya? Butuh kamus, nih kalau kita ke Medan!

https://kumparan.com/kumparantravel/5-fakta-unik-medan-kota-terbesar-ke-3-di-indonesia-27431110790552898/full

https://www.merdeka.com/peristiwa/kata-kata-unik-ini-cuma-orang-medan-yang-tahu-artinya.html

https://phinemo.com/fenomena-unik-yang-bikin-rindu-tanah-air-ketika-berada-di-luar-negeri/ngobrol-bareng/?PageSpeed=noscript (foto)

 

6. Jalan-jalan dengan Becak Motor Siantar

7 Keunikan Ada di Provinsi Sumatera Utara

Tahun 1941, pasukan sekutu datang ke Indonesia, khususnya Pematangsiantar dengan membawa berbagai teknologinya termasuk motor tipe M20 buatan The Birmingham Small Arms Company. Sepeda motor ini lambat laun menjadi tenaga mesin bentor atau becak motor yang ada di Pematangsiantar. Meski motor dengan jenis dan spek ini sudah agak susah ditemukan, tapi becak motor Siantar ini sudah menjadi ikon kota! Kalau ke Pematangsiantar tapi engga naik becak motornya, rasanya engga lengkap! 

https://daerah.sindonews.com/artikel/sumut/2079/7-keunikan-ada-di-provinsi-sumatera-utara