lihat semua

SUMATRA BARAT TUAH SAKATO

Tue, 22 September 2020

TAHUKAH KAMU?

 

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Sumatra Barat. Tahukah kamu,  ‘Padang’ adalah kependekan dari ‘Pandai Berdagang’  Yap, masyarakat nya dikenal pandai berjualan, dari mulai baju hingga makanan. Tak heran, jika pergi ke Padang, banyak terlihat pedagang kaki lima di setiap trotoar kota ini. Sudah sejauh mana Sobat mengenal Sumatra Barat? Yuk, simak fakta menariknya berikut ini. 

1. Kota Bukittinggi Pernah Menjadi Ibukota Negara Indonesia Pada Tahun 1948

MENGENANG BUKITTINGGI DI SERANG 19 DESEMBER 1948 – Bukit Tinggi ...

Banyak yang tidak tahu kalau Kota Bukittinggi pernah menjadi Ibukota Indonesia tepatnya pada tanggal 19 Desember 1948.  Bukittingi ditetapkan sebagai Ibukota Indonesia pada masa Pemerintahan Darurat Republik Indonesia (PDRI) karena adanya agresi militer Belanda ke-2. Bukittingi terpilih karena letak geografisnya yang terdapat Gunung Marapi di barat, Gunung Singgalang di selatan, serta Lembah Sianok di utara dan barat yang dianggap dapat melindungi ibu kota dari serangan musuh.

https://republika.co.id/berita/nhp7sw9/bukittinggi-ibu-kota-perjuangan-ri

 

2. Tari Piring Berbahan Porselen (Keramik)

15 Properti Tari Piring Lengkap beserta Gambar dan Deskripsi

15 Properti Tari Piring Lengkap Dengan Gambar - Haipedia.com

Pernahkah kamu berpikir mengenai properti piring yang dipakai oleh para penari? Ternyata, piring yang digunakan dalam Tari Piring bukan sembarangan, Sobat. Namun, menggunakan piring Istimewa yang terbuat dari porselen. Disarankan piring porselen dari China karena memiliki unsur estetik yang tinggi. Jadi, jangan coba-coba menggunakan piring kaca di rumah, yaa!

https://taldebrooklyn.com/tari-piring/

 

3. Juru Masak Kelas Dunia, Gordon Ramsay Membuat Rendang Tenderloin!

Gordon Ramsay Berguru Masak Rendang pada Chef William Wongso ... Cicipi Rendang Buatan Gordon Ramsay, Gubernur Sumatera Barat ...

Baru-baru ini, Juru masak kelas dunia, Gordon Ramsay, sekaligus produser acara masak "Gordon Ramsay: Uncharted" melakukan ekspedisi kuliner, budaya dan kekayaan alam di Ranah Minang. Gordon berhasil memasak rendang dengan bahan dasar daging tenderloin, lho. Selain masuk dalam World’s Delicious Food versi CNN, rendang juga telah resmi menjadi istilah dalam kamus oxford. Wah sangat tidak diragukan lagi kelezatan kuliner satu ini, ya!

https://www.idntimes.com/food/dining-guide/naufal-al-rahman-1/behind-the-scene-william-wongso-masak-rendang-bareng-gordon-ramsay

 

4. Tato Tertua di Dunia Berasal dari Suku Mentawai 

Mengenal Tato Mentawai, Seni Rajah Tertua di Dunia ...

Siapa sangka, suku Mentawai yang berada di Sumatra Barat dikenal dunia dikarenakan tatonya yang dianggap sebagai tato tertua di dunia. Suku Mentawai adalah salah satu suku terbesar di Sumatra Barat dan suku tertua di Indonesia. Tato bagi masyarakat suku Mentawai adalah sebuah identitas, bagi Sikerei atau Dukun Suku Mentawai, tato bersifat wajib. Tato Suku Mentawai memiliki filosofi keseimbangan antara penghuni hutan dengan alam. Tato dibuat dari bahan arang. Pada saat pemberian tato, para tetua suku akan mendoakan arang tersebut. Hal ini membuat pemberian tato sebagai ritual adat yang disakralkan di dalam lingkungan Suku Mentawai. Unik, yah. 

https://pesonaindonesia.kompas.com/read/2019/04/09/205921227/mengenal-tato-mentawai-seni-rajah-tertua-di-dunia

 

5. Jam Gadang Disebut Sebagai “The Twin of Big Ben” 

JAM BIG BEN INGGRIS ADA DI INDONESIA LOH !!! | Welcome to Unique ...

Kalau kita mendengar kata Sumatra Barat, yang terlintas pertama kali adalah Jam Gadang. Iya.. sama rendang.

Tapi, tahukah kamu kalau Jam Gadang digerakkan secara mekanik oleh mesin yang hanya dibuat 2 unit didunia, yakni Jam Gadang itu sendiri dan Big Ben di London, Inggris. Mesin ini dibuat oleh Vortmann Relinghausen asal Jerman. Pabrik mesin ini memang hanya membuat 2 unit di dunia. Walaupun digerakkan oleh mesin yang sama, namun perbedaan tetap jelas terlihat baik dari sisi bentuk maupun tinggi. Jam Gadang memiliki tinggi 26 meter dan dibangun dengan gaya lebih modern dengan puncak menara berbentuk rumah Bagonjong (rumah adat Minangkabau), sementara Big Ben 70 meter lebih tinggi dan dibangun dengan gaya Gothik Victoria dengan puncak runcing. Namanya juga ‘Twin’ pasti nggak 100% mirip yah Sobat. 

http://www.bukittinggikota.go.id/wisata/jam-gadang

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/jam-gadang-monumen-kebanggaan-kota-bukittinggi

 

6. Makin Runcing Gigi Perempuan Maka Semakin Cantik

Kerik Gigi, Tradisi Menyakitkan & Simbol Kecantikan Suku Mentawai ...

Tahukah kamu, di Kepulauan Mentawai terdapat tradisi meruncingkan gigi sebagai tanda kecantikan Suku Mentawai? Standard kecantikan di setiap belahan dunia berbeda-beda. Salah satu yang cukup unik ada di Mentawai. Tradisi gigi runcing dilakukan dengan mengerik atau meruncingkan gigi pada wanita saat mencapai kedewasaan. Mengerik 1 buah gigi diperlukan kurang lebih 30 menit. Setelah menyelesaikan pengerikan 1 gigi,  perempuan tersebut  tidak diberi waktu untuk beristirahat lama. Mereka hanya bisa menghela napas dan melanjutkan lagi prosesi pada gigi selanjutnya. Sementara gigi yang harus diruncingkan bukan hanya satu buah, tetapi semua (23) gigi. Coba hitung, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menahan rasa sakit selama proses tersebut? Proses peruncingan ini tidak menggunakan obat bius ya, seperti yang dilakukan oleh dokter gigi. Kebangan, dong, sakit dan ngilunya. Definisi Beuaty is Pain, yang sebenarnya!

Namun, kini tradisi ini tidak lagi menjadi suatu kewajiban perempuan di Suku Mentawai. Hanya istri dari orang yang dihormati di kalangan masyarakat Mentawai yang masih melakukan tradisi ini. 

https://kumparan.com/kumparantravel/kerik-gigi-tradisi-menyakitkan-and-simbol-kecantikan-suku-mentawai