lihat semua

SULAWESI UTARA SI TOU TIMOU TUMOU TOU

Sat, 3 October 2020

Halo, Sobat Budaya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Sulawesi Utara. Bagian ujung dari Pulau Sulawesi ini memiliki pesona alam yang tersohor bahkan mendunia, lho! Sudah siap mengetahui fakta menarik Provinsi Sulut? Yuk, simak fakta-fakta menarik nya berikut ini! 

1. Taman Laut Bunaken, Situs Warisan Dunia UNESCO

Foto Artikel : Tulamben, Keindahan Bawah Laut yang Menakjubkan ...

Taman Laut Bunaken ini ditemukan sekitar tahun 1975 oleh Nusantara Diving Club (NDC). Kawasan dengan luas 75.265 ha ini baru benar-benar diresmikan sebagai taman laut pertama di Indonesia pada tahun 1991. UNESCO menetapkan surga bawah laut ini sebagai situs warisan dunia pada tahun 2005. Taman Laut Bunaken terdapat di  Teluk Bunaken, Manado, Sulawesi Utara. 

Tempat ini memiliki magnet unik yang mampu membuatnya sangat terkenal di kalangan traveler dunia. Keunikan Laut Bunaken tidak hanya dikenal sebagai spot menyelam terbaik, tetapi juga sebagai tempat spesies fauna laut yang unik dan langka. Bagaimana tidak? 3000 jenis ikan, reptil, moluska, dan mamalia laut hidup di sana. Berarti ada sekitar 50% spesies ikan yang ada di Bunaken. Wow! 

Tak hanya itu, Laut Bunaken juga terkenal akan segitiga emas terumbu karang. Terdapat ratusan spesies terumbu karang cantik di taman laut ini. 

Yuk, menjadi saksi keindahan surga bawah laut Taman Laut Bunaken! 

https://www.citilink.co.id/citilinktraveling/taman-laut-bunaken/2018/08/06/fakta-unik-tentang-keindahan-taman-laut-bunaken-kamu-wajib-tahu!

 

2. Pantai Temboko Lehi, Pantai Air Panas di Indonesia

Pantai Temboko Lehi, Satu-Satunya Pantai Air Panas di Indonesia

Pantai adalah wisata alam yang paling banyak disukai karena keindahannya. Hamparan pasir putih, air yang jernih, deburan ombak dan desiran angin memang menyejukkan hati. Namun, berbeda dengan pantai pada umumnya, ada satu pantai di Sulawesi Utara yang cukup unik yaitu Pantai Temboko Lehi. Pantai ini merupakan satu-satu nya pantai berair panas di Indonesia, lho! 

Karena suhu airnya yang hangat, kalian tidak akan melihat ikan di tempat ini ya. Selain itu, rasa air di pantai ini juga tidak asin seperti pantai lainnya. Pantai ini biasanya digunakan sebagai kolam berendam air panas oleh para wisatawan. Wah, menarik ya! Tenang, air disini hangat dan nyaman banget. Kalau Sobat masih ragu, bisa mencoba mencelupkan kaki saja ke dalam pantai ini. Buat para penikmat senja, Pantai temboko Lehi cocok untuk dikunjungi. Sobat bisa menyaksikan senja yang menawan dan berfoto-foto disini. Dijamin deh, Sobat pasti akan terpukau dengan keindahan alamnya, deh!

https://www.indonesia.go.id/ragam/pariwisata/pariwisata/pantai-temboko-lehi-satu-satunya-pantai-berair-panas-di-indonesia

 

3. Terkenal Dengan Kuliner Pedas 

APA ITU AYAM RICA-RICA? - PLUTO'S CHICKEN

Ngaku sebagai pecinta kuliner pedas? Artinya, kamu nggak boleh melewatkan mencicipi masakan khas Manado di Sulawesi Utara! Pasti Sobat tidak asing lagi dengan masakan khas Manado ini. Apa itu? Yap! Rica-rica. Kini, rica-rica sudah bisa kalian temukan di mana saja. Citarasa yang pedas dan gurih dari ikan, ayam atau daging di dalamnya, mampu menghipnotis siapa saja yang mencicipinya. Bahkan, rica-rica menjadi salah satu varian mie instan di Indonesia, lho. Super yumm!

https://digiku.com/11-makanan-khas-manado-terpopuler/

 

4. Provinsi Paling Toleran di Indonesia 

Patut Dicontoh, Ini 4 Daerah Paling Toleransi di Sulut, Ada Gereja ...

Provinsi Sulawesi Utara masih menjadi daerah dengan status paling toleran se-Indonesia. Kota Manado mendapat penghargaan sebagai kota paling toleran di Indonesia pada tahun 2017. Hal ini dibuktikan dengan berbagai suku, etnis, dan ras yang bercampur. Selain Manado, Kota Tomohon juga masuk dalam 10 besar Kota Paling Toleran di Indonesia. 

Ada beberapa daerah di Sulut bahkan sempat menjadi simbol kerukunan di daerah lain dan menjadi contoh cara bertoleransi, lho! Apa saja? Ada Desa Candi (Bitung), dimana kerukunan beragama dipupuk lewat sejumlah momentum, salah satunya dalam festival adat Tulude. Selanjutnya, di Desa Mopuya, terlihat letak rumah ibadah muslim, kristen dan hindu yang berdiri berdampingan. Desa Ratatotok juga penuh toleransi, sebab Gereja dan Masjid berdiri tanpa tembok pemisa. Dua bangunan itu menyatu dalam satu halaman. 

Wah, toleransi memang sangat indah ya, Sobat. Apalagi jika semua daerah di Indonesia saling menghargai dalam setiap perbedaan. Yuk, tingkatkan hidup rukun!

http://beritakawanua.com/berita/manado/kota-toleran-di-indonesia-sulawesi-utara-punya-2-wakil-di-10-besar 

 

 

5. Monumen Yesus, Patung Yesus Terbesar Ke-4 di Dunia

https://backpackerjakarta.com/wp-content/uploads/2017/12/Patung-Tuhan-Yesus-Memberkati-manado-sulawesi-utara.jpg

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Sulawesi Utara merupakan provinsi yang sangat menerapkan toleransi beragama, meskipun agama kristen bukanlah agama mayoritas, namun keberadaan patung-patung Yesus tetap berdiri gagah menandai denyut kekristenan di sana.  Patung Yesus memberkati Manado (Monumen Yesus) memiliki tinggi 50 meter, menjadikan patung ini sebagai patung Yesus tertinggi kedua di Asia dan keempat di dunia, setelah patung Yesus "Christo Redentor" di Rio de Jeneiro, Brasil. Sulawesi Utara juga memiliki beberapa patung Yesus lainnya seperti  Patung Yesus Penebus Bitung, Patung Yesus Memberkati Burake, Patung Yesus Memberkati Balirangen dan Patung Tuhan Yesus Raja Memberkati. 

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/uniknya-monumen-yesus-memberkati-di-manado

 

 

6. Salude

√5 Alat Musik Tradisional Sulawesi Utara (Lengkap)

Alat musik apa yang Sobat ketahui berasal dari Sulawesi Utara? Kolintang? Kolintang selama ini memang identik dengan Provinsi Sulawesi Utara, ya! Namun, di provinsi yang memiliki Ibukota di Manado ini terdapat satu alat musik tradisional lainnya yang mungkin belum banyak diketahui masyarakat yaitu salude.

Salude merupakan alat musik sejenis sitar tabung yang termasuk dalam kelompok ido-kordofon. Bagaimana cara memainkannya? Alat musik ini dimainkan  dengan cara dipetik serta dipukul dengan pelepah pinang. Alat musik salude memiliki dua dawai yang diperoleh dari kulit ari. Salude sendiri terbuat dari seruas bambu. Pada bagian tengah badan bambu terdapat lubang yang memiliki fungsi sebagai resonator. Yuk, coba alat musik salude!

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/salude-alat-musik-berdawai-dua-khas-sulawesi-utara

 

7. Taman Purbakala Waruga Sawangan 

taman purbakala waruga sawangan airmadidi minahasa sulawesi utara

Siapa yang tertarik dengan situs sejarah tapi juga suka traveling? Bagi kalian yang tertarik dengan situs peninggalan sejarah dan suka destinasi, kalian bisa mengunjungi Taman Purbakala Waruga Sawangan di Desa Sawangan, Kecamatan Airmadidi, Kabupaten Minahasa Utara, Provinsi Sulawesi Utara. Di Taman Waruga Sawangan ini kalian berkesempatan menemui 144 Waruga yang menjadi tempat penguburan mayat. Waruga adalah kubur batu yang berbentuk kubus (berukuran 2x2 m) dengan atap berbentuk segitiga. Bagian atap terdapat hiasan pahatan yang menggambarkan status sosial jenazah atau mata pencaharian jenazah semasa hidup. Sementara bagian bawah yang berbentuk kubus digunakan untuk meletakkan jenazah. Konon, diletakkan pula benda-benda berharga seperti piring keramik, gelang dan pisau. 

Waruga mulai digunakan oleh suku Minahasa pada abad ke IX. Namun sekitar tahun 1860, kebiasaan mengubur dalam Waruga mulai dilarang oleh Belanda. Kemudian pada tahun 1870, Suku Minahasa mulai membuat peti mati sebagai pengganti Waruga. Waruga tertua yang disimpan di Taman ini konon bertahun 800 Masehi. Jika kalian ingin melihat benda-benda perbekalan sebelumnya yang diletakkan oleh keluarga jenazah di dalam waruga, kalian dapat mengunjungi sebuah museum kecil yang tak jauh dari sini. Tertarik mengunjungi situs sejarah unik ini? 

https://www.aroengbinang.com/2018/06/taman-purbakala-waruga-sawangan-airmadidi-minahasa.html