lihat semua

SULAWESI BARAT MELLETE DIATONGANAN

Sat, 3 October 2020

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa informasi menarik seputar Provinsi Sulawesi Barat nih! Tahu gak sih, Provinsi Sulawesi Barat yang memiliki Ibukota di Mamuju terkenal dengan tradisi kuat dalam mengarungi laut. Apa benar demikian? Yuk, kita simak satu persatu keunikan lainnya! 

1. Perahu Sandeq Khas Suku Mandar Tercepat Sedunia

Sulawesi Barat memiliki 5 kabupaten, dimana empat diantaranya termasuk Mamuju (Majene) yang berada di pesisir pantai. Penduduk Kabupaten Majene termasuk suku bangsa Mandar. Suku Mandar dikenal sebagai suku yang hidup nya dominan di wilayah maritim atau laut.  Tak heran, jika Suku Mandar pun memiliki tradisi kuat dalam mengarungi lautan. 

Suku ini memiliki perahu tradisional yang disebut Sandeq. Sandeq sendiri diambil dari Bahasa Mandar, "sande" yang berarti "runcing". Perahu Sandeq dijadikan sebagai simbol kehebatan maritim orang Mandar. Konon sandeq adalah perahu tercepat di dunia, lho! Perahu tradisional ini memiliki speed 15-29 knot, hanya dengan mengandalkan hembusan angin lewat layar. Sejarah mencatat, Perahu Sandeq sanggup berlayar hingga ke Malaysia, Singapura, Jepang, Australia, Amerika Serikat bahkan hingga ke Madagaskar, Afrika Selatan. Hebat bukan? 

http://samudranesia.id/sandeq-perahu-tradisional-tercepat-di-dunia-asli-suku-mandar/

http://sulbarkita.com/menikmati_kegagahan_adu_perahu_sandeq_berita155.html

 

2. Keunikan Rumah Adat Mandar, Boyang

Rumah adat Mandar | Abdillah Mandar

Suku Mandar merupakan suku mayoritas yang mendiami provinsi Sulawesi Barat. Rumah adat yang ditinggali oleh suku Mandar ini bernama rumah Boyang. Rumah Boyang memiliki jumlah anak tangga ganjil yaitu, antara 7 hingga 13 anak tangga. Ruangan didalamnya di bagi menjadi 7 dengan ketentuan 3 diantaranya merupakan lotang utama dan 4 diantaranya adalah lotang tambahan. Lotang utama terdiri dari Samboyang (tempat pria berkumpul ketika acara adat), Tangnga Boyang (ruang tengah untuk keluarga) dan Bui Boyang (kamar tidur). Sedangkan lotang tambahan terdiri dari Tapang (tempat calon pengantin berdiam diri saat melakukan adat Mandar), Paceko (dapur), Lego-lego (teras) dan Naong Boyang (tempat menyimpan ternak). 

https://www.99.co/blog/indonesia/fakta-rumah-adat-mandar/

 

3. Tenun Kuno di Asia Tenggara, Ternyata Ada di Sulawesi Barat 

Jual [Produk UKM BUMN] - Kain Tenun Sekomandi khas Mamuju Sulawesi ...

Menurut data Ahli Arkeologi, keberadaan Suku Kalumpang purba adalah suku dari ras Austronesia Neolitikum yang dihuni penduduk asli sebelum kedatangan orang-orang Proto Melayu 3600 tahun sebelum Masehi. Beberapa bukti sejarah seperti ditemukannya kamassi dan Minanga Sipakko (alat batu berupa pisau kapak) membuktikan bahwa Kalumpang merupakan situs peradaban tertua di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Salah satu tradisi unik yang masih melekat adalah tradisi menenun. Tenun ikat tradisional sekomandi tepatnya berada di Kecamatan Kalumpang, Kabupaten Mamuju, Suawesi barat. 

Tahap pembuatan kain tenun terbagi menjadi tiga yaitu, pemintalan, pewarnaan benang dan penenunan. Satu hal yang membuat tenun Sekomandi ini unik adalah pembuatan motifnya tidak menggunakan sketsa di atas benang. Salah satu motif yang terkenal adalah motif Ulu kallua Kaselle. 

https://makassar.antaranews.com/berita/95961/tenun-sekomandi-menjadi-asa-bangkitkan-pariwisata-mamuju

https://budaya-indonesia.org/Tenun-Sekomandi


4. Gogos, Lempernya Sulbar

Jual Gogoso - Gogos Ikan Khas Bugis Makassar - Jakarta Pusat ...

Yuk, intip makanan khas Sulawesi barat! Salah satu yang bikin ketagihan adalah gogos. Apa sih gogos itu? Gogos ini mirip lemper, kalau di Jawa. Isinya ketan dengan balutan daun pisang. Sementara ketan dimasak dengan cara dikukus, gogos dibuat dengan dibakar. Kebayang enaknya ketan bakar yah. Aroma nya yang khas menjadikan salah satu ciri khas tersidiri dari gogos. Selain berisi ketan, didalamnya juga ada santan kelapa dan biasanya ditengah gogos diisi jabu-jabu (ikan bakar) yang dipotong kecil-kecil. Gogos bisa Sobat jumpai di pasar-pasar tradisional di Somba, Kecamatan Sendana dan sepanjang jalan Majene. Bagaimana, tertarik mencicipinya? 

http://sulbarkita.com/inilah_kuliner_unik_di_sulawesi_barat_berita124.html
 

5. Tradisi Mangaro Mamasa

Uniknya Ritual Tradisi Budaya Mangaro Mamasa - Medcom.id

Warga Kecamatan Nosu, Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat memiliki tradisi unik yaitu Mangaro. Ritual tersebut dilaksanakan sekali setahun setelah musim panen, tepatnya pada bulan Agustus. Mangaro, berasal dari bahasa setempat, yang artinya melakukan pekerjaan membongkar, memperbaiki dan mengeluarkan jasad orang yang sudah meninggal (batang rabuk) dari dalam kuburan (alang-alang atau liang), sehingga dapat bertemu kembali dengan keluarganya. Bahkan keluarga dapat memeluk dan menangisi jasad tersebut. 

Proses adat tersebut yaitu, setelah jenazah dikeluarkan, kemudian dibawa dengan arak-arakan, perempuan kemudian berbaris dengan bentangan kain merah, dibawa ke lattang (rumah-rumah kecil), lalu ditangisi dan diperbaiki bungkusnya. Keesokan harinya jenazah di bawa pulang kembali ke kuburannya. Unik, yah.

https://rakyatku.com/read/115856/mangaro-tradisi-melepas-rindu-kepada-jasad-kerabat-di-nosu