lihat semua

RIAU BUMI BERTUAH NEGERI BERADAT

Tue, 22 September 2020

 

MENGENAL PROVINSI RIAU

 

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Riau. Provinsi Riau adolah sabuah provinsi di Indonesia nan talatak di bagian tangah pantai timur pulau Sumatra, iyolah di sapanjang pasisia Selat Malaka.  Selain kekayaan alamnya yang melimpah ruah, kira-kira apa lagi yang Sobat tahu tentang Riau? Langsung aja yuk, simak fakta-fakta menariknya! 

1. Di ‘Atas’ Minyak, di ‘Bawah’ Minyak

Perusahaan Patungan Pertamina Temukan Cadangan Minyak Baru di Riau ...

Provinsi Riau terkenal sebagai salah satu penghasil minyak bumi terbesar di Indonesia dengan 365.827 per hari. Ladang minyak bumi di Riau mayoritas dikelola oleh PT Chevron. Sumber minyak dihasilkan dari bagian bawah dan atas tanah. Selain minyak bumi, Riau juga merupakan penghasil minyak kelapa sawit. Per Januari 2019, Riau menyumbangkan 30 persen di antaranya atau sekitar 222.330 barel per hari.

https://riau.antaranews.com/berita/127192/peninggalan-era-kejayaan-minyak-yang-membentuk-riau

 

2. Restoran di Puncak Jembatan Siak, Riau.

JEMBATAN TENGKU AGUNG SULTANAH LATIFAH | Pesona Siak - The ...

Jembatan Tengku Agung Sultanah LatifaH atau dikenal dengan Jembatan Siak merupakan jembatan ketiga terpanjang di Indonesia dengan panjang 1,1 kilometer dan lebar 16,95 meter. Jembatan ini memiliki 2 menara setinggi 80 meter. Hal unik yang menjadi daya tarik jembatan Siak ini adalah adanya 2 tempat makan di puncak jembatan yang bisa dikunjungi turis. Pengunjung nantinya akan diangkut menggunakan lift khusus untuk memesan menu di tempat makan tersebut. Pasti bagus banget ya Sobat pemandangannya!

https://www.goriau.com/berita/baca/indahnya-jembatan-tengku-agung-sultanah-latifah-saat-malam-hari.html

 

3. Tradisi Unik Bakar Tongkang Magnet Pariwisata Riau

Festival Bakar Tongkang, 47 Ribu Wisatawan Serbu Riau | BALIPOST.com

Tradisi bakar tongkang diyakini sudah ada sejak tahun 1826. Tradisi ini adalah sarat akan budaya Tionghoa yang melekat sejak ratusan tahun lalu bagi masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi, Rokan Hilir, Riau. Asal usul tradisi ini adalah transmigrasi masyarakat Tionghoa ke Riau. Festival Bakar Tongkang menjadi agenda tahunan yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten Rokan Hilir, Riau. Tradisi ini dirayakan setiap hari ke-16 bulan ke-5 menurut kalender China. Tradisi yang juga dikenal sebagai Go Gek Cap Lak ditandai dengan aksi membakar replika kapal tradisional Tiongkok sebagai puncak festival. Hingga kini, tradisi bakar tongkang mampu meningkatkan perekonomian Provinsi Riau di sektor pariwisata.

https://festival-indonesia.id/festival/Festival-Bakar-Tongkang-2018

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/bagan-siapi-api-dan-festival-bakar-tongkang/ 

 

4. Omabak Bono Menjadi Idola Peselancar Internasional 

Ombak Selancar Terpanjang di Dunia Ada di Riau | Good News from ...

Ombak Bono merupakan suatu fenomena alam unik yang hanya terjadi di Indonesia, tepatnya di Sungai Kampar, Desa Pulau Muda, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, Riau. Ombak Bono terbentuk akibat pertemuan arus pasang laut dengan arus sungai. Gelombang raksasa atau ombak Bono ini dikenal oleh peselanjar Indonesia hingga mancanegara. Ombak sungai terbesar dan terpanjang di dunia ini dinobatkan sebagai wahana selancar sungai terbaik di dunia, lho! Bangga bukan? 

Para peselancar akan berselancar mengikuti ombak Bono dalam waktu yang cukup lama yakni lebih dari 20 menit. Saat terjadi puncak ombak Bono, 21 gelombang ombak dapat muncul secara bersamaan. Saking seramnya, ombak ini juga dijuluki ‘Tujuh Hantu’. Meski gelombang raksasa ini cukup berbahaya, namun tetap saja masih menjadi destinasi yang menggiurkan bagi para peselancar. 

https://wisatasumatera.com/ombak-bono-sungai-kampar/

https://www.garudacitizen.com/ombak-bono-sungai-kampar-riau/

 

5. Nasi Lemek

Mencicipi Lezatnya Nasi Lemak Khas Riau | Sahabat UFS

Mungkin Sobat sudah tidak asing agi dengan kuliner yang satu ini. Yap, nasi lemak! Makanan khas Provinsi Riau ini juga sudah mendunia, lho. Nasi lemak bisa dengan mudah ditemukan di berbagai negara tetangga, seperti Singapura, Malaysia dan Brunei Darussalam. Rasa nasi yang gurih dipadu dengan ikan teri goreng, telur sambal dan mentimun ini cocok disantap pada pagi hari. Rasa gurih pada nasi berasal dari santan yang dimasak dan daun pandan sebagai penambah rasa. 

https://www.batiqa.com/id/hotels/pekanbaru/read-article/nasi-lemak

 

6. Museum Sang Nila Utama

Museum Sang Nila Utama cukup unik loh, yaitu bangunan nya berbentuk rumah tradisional masyarakat Melayu. Museum ini menjadi wahana edukasi untuk belajar hal-hal baru yang berkaitan dengan sejarah Melayu di Riau. Jika berjalan ke arah pintu masuk, Sobat akan disambut dengansejarah terbentuknya Provinsi Riau dan sedikit pengetahuan tentang eksplorasi minyak di Riau. Wah, menarik ya! Pada area dalam bangunan ini terdapat miniatur alat pengeboran minyak, sedangkan di halaman belakang museum terdapat kerangka ikan paus.

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpnbkepri/mengenal-museum-sang-nila-utama/

 

7. Candi Muara Takus, Situs Candi Tertua di Pulau Sumatera

Jangan Cuma Tahu Borobudur, Riau Juga Punya Candi Muara Takus ...

Situs Candi Muara Takus adalah sebuah situs kompleks percandian berlatar belakang Buddhisme yang terletak di muara Sungai Kampar Kanan, tepatnya di desa Muara Takus, Kabupaten kampar, Riau. Candi ini telah ada sejak zaman keemasan Sriwijaya, lho. Hal ini menjadikan Candi Muara Takus sebagai situs candi tertua dan bangunan kebudayaan terbesar di Pulau Sumatera. Candi yang bangunan utamanya adalah sebuah stupa yang besar, berbentuk menara yang sebagian besar terbuat dari batu bata dan sebagian kecil batu pasir kuning. di Pulau Sumatera. Beberapa candi yang terdapat dalam kompleks Candi Muara Takus antara lain Candi Mahligai, Candi  Sulung, candi Bungsu dan Candi Palaka

https://wisato.id/wisata-budaya/candi-muara-takus-situs-candi-tertua-di-sumatera-yang-masih-menyimpan-misteri/

https://sejarahlengkap.com/agama/buddha/sejarah-candi-muara-takus