lihat semua

NUSA TENGGARA BARAT

Sat, 24 October 2020

 

Telusuri NTB, Yuk! 

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Nusa Tenggara Barat. NTB dijuluki sebagai “Pulau Seribu Masjid”. Provinsi dengan Ibukota di Mataram ini memiliki sejumlah wisata, tradisi, makanan, dan beragam keunikan lainnya. Mau tau? Yuk, telusuri NTB!

1. Lombok dijuluki "Pulau Seribu Masjid"

Masjid Hubbul Wathan Islamic Center Raih Penghargaan Masjid ...

Provinsi Nusa Tenggara Barat memiliki ciri khas budaya tersediri, begitu juga adat dan budaya masyarakatnya. Lombok merupakan bagian dari Pulau NTB ini memiliki julukan Pulau Seribu Masjid. Bermula saat Effensi Zakarsih sedang melakukan kunjungan kerja Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama pada 1970 silam. Penduduk yang mayoritas beragama Islam, membuat banyak berdirinya masjid-masjid megah dan mewah yang akan dengan mudah dijumpai. Salah satu masjid terbesar di mataram adalah Masjid Hubbul Wathon Islamic Center Mataram.  Masjid ini juga pernah mendapat penghargaan sebagai Masjid Teladan 2020. Wah, keren ya!

https://www.timesindonesia.co.id/read/news/285370/7-keistimewaan-nusa-tenggara-barat-dari-pulau-seribu-masjid-hingga-lezatnya-ayam-taliwang

 

2. NTB Memiliki Agama Leluhur yang Masih Lestari

Ritual Pemau Do made, Cara Jingitiu Meretas Jalan Menuju Nirwana ...

Suku Sabu Melaksanakan Ritual Agama

 

Indonesia kaya akan keanekaragaman, salah satunya kepercayaan. Keunikan di Nusa Tenggara Barat adalah agama leluhur yang sampai saat ini masih terjaga kelestariannya. Agama tersebut diantaranya Agama Marapu di Kabupaten Sumba, Agama Jingitiu di Sabu dan Agama Halaik di Timor. 

Marapu merupakan sistem keyakinan yang berdasarkan kepada pemujaan arwah-arwah leluhur. Jingitiu merupakan sistem kepercayaan yang meyakini bahwa segala sesuatu di dunia ini berasal dari zat ilahi yang mereka sebut sebagai Deo Ama (Dewa Bapak). Deo Ama merupakan tokoh tertinggi, penuh misteri, paling dihormati, dan paling ditakuti bagi Suku Sabu. 

Sementara itu, Agama Halaik meyakini bahwa Pue adalah Tuhan yang maha tinggi, maha kuasa, maha tunggal dan maha mengatur dunia seisinya. Pue sendiri memiliki gambaran ambivalen atau dualis. Di satu sisi, Pue adalah pemilik kehidupan, disisi lain, Pue adalah roh jahat yang dapat mengambil nyawa manusa. 

https://www.faktadaerah.com/2017/11/fakta-provinsi-ntb-nusa-tenggara.html

http://www.seputar-ntt.com/ritual-pemau-do-made-cara-jingitiu-meretas-jalan-menuju-nirwana/




 

3. Wisata Budaya, Desa Sade di Lombok

Sade, Desa Kuno yang Sangat Unik di Pulau Lombok Nusa Tenggara ... Desain Rumah Adat Suku Sasak Lombok yang Tahan Gempa | Parenting ...

Tradisi Unik Dusun Sade, Melulur Lantai dengan Kotoran Ternak ...

 

Sade merupakan desa kuno dan sudah berdiri sejak abad XV. Penduduk Sade adalah keturunan asli Suku Sasak yang hingga kini masih mempertahankan budaya dan adat peninggalan nenek moyang mereka. Keunikan desa ini salah satunya terletak pada aturan budaya yang masih sangat erat dilakukan. Terutama mengenai arsitektur bangunan desa. Disepanjang jalan terdapat fasilitas umum modern yang dibuat dengan gaya arsitektur etnik Desa Sade. Mulai dari ATM, toko klontong bahkan mini market memiliki tampilan khas nuansa tradisi. 

Suku Sasak juga memiliki rumah adat yang unik, lho. Dindingnya terbuat dari anyaman kulit bambu dan atapnya berupa jerami yang konstruksinya tidak memakai paku. Sedangkan lantainya berupa lantai tanah yang diberi lapisan campuran kerbau. Uniknya, walaupun menggunakan kotoran kerbau, tapi sama sekali tidak menimbulkan bau menyengat. Unik, ya!

https://dweewuryan.wordpress.com/2016/11/13/sade-desa-berlapis-kotoran-kerbau/

4. Batik Sasambo Khas NTB

Sasambo, Batik Tiga Suku Pulau Lombok | Republika Online

Sasambo merupakan gabungan tiga etnis yang mendiami bumi NTB, yaitu Sasak di Lombok, Samawa di Sumbawa, dan Mbojo di Bima.  Batik sasambo memiliki motif sasambo, motif made sahe (mata sapi), motif kakando, dan uma lengge (berupa rumah tradional dengan kubah yang menyerupai kerucut. Proses pembuatan batik sasambo juga masih tradisional loh. Keahlian tangan pengrajin sangat menentukan kualitas batik sasambo. 

https://republika.co.id/berita/nasional/umum/12/12/08/mepupu-sasambo-batik-tiga-suku-pulau-lombok

 

5. Ayam Taliwang Sebagai Juru Damai

Tambah Semangat Makan Ayam Taliwang yang Pedas Segar di Sini

Pernah dengar pribahasa ‘Perut kenyang hati senang’? Nampaknya memang benar. Hal ini telah dibuktikan dengan berdamainya kedua kerajaan yang tengah berselisih. Hebat sekali bukan? Memang efeknya tidak secara langsung membuat perselisihan damai, namun setidaknya setelah raja dan prajuritnya menyantap Ayam Taliwang Lombok, hati mereka menjadi luluh. 

Cerita bermula ketika Kerajaan Selaparang yang pada saat itu sedang bermusuhan dengan Kerajaan karangasem Bali melakukan negoisasi peperangan sambil menikmati masakan lezat ini. Ayam Taliwang memang sengaja dimasak oleh seorang juru masak istana Kerajaan Taliwang, dimana Kerjaan Taliwang merupakan juru damai kedua kerajaan yang sedang berperang tersebut. Sepulangnya dari istana, kerajaan Karangasem akhirnya memutuskan untuk berdamai dengan Kerajaan Selaparang dan meninggalkan Pulau Lombok. Unik, yah

Bumbu khas Taliwang membuat makanan satu ini memang istimewa dan menjadi favorit semua orang. Nah, Ayam Taliwang selalu disajikan dengan plecing kangkung dan beberuk terung. Perpaduan rasa manis asam akan membuat siapa saja yang memakannya terhipnotis. 

Bagi Sobat yang berwisata kuliner ke Nusa Tenggara Barat (NTB), belum lengkap rasanya kalau belum mencoba ayam Taliwang! 

https://mataram.antaranews.com/berita/38709/mau-tahu-sejarah-ayam-taliwang

 

6. Gunung Rinjani memiliki Salah Satu Danau Vulkanik Tebesar Di Dunia

6 Fakta Gunung Rinjani yang Mungkin Belum Kamu Tahu Halaman all ...

Puncak Gunung Rinjani merupakan bagian dari Gunung Samalas yang meletus hingga melumpuhkan dunia pada tahun 1257. Super letusan ini mengakibatkan terbentuknya kaldera dan Danau Segera Anak. Danau ini berada di ketinggian 2.003 meter diatas permukaan laut. Keajaibannya adalah suhu permukaan danau ini lebih hangat daripada suhu ruang, yaitu sekitar 20 hingga 22 derajat Celcius. Bahkan, ditemukan mata air panas yang mengalir deras dari kaki Barujari ke Danau Segara Anak. Hal ini lah yang menjadikan Danau Segera anak menjadi salah satu danau vulkanik terbesar di dunia. 

https://travel.kompas.com/read/2019/07/17/200000627/6-fakta-gunung-rinjani-yang-mungkin-belum-kamu-tahu?page=all

 

7. Satonda, Pulau Misterius Tak Berpenghuni di NTB

Pulau Satonda, Wisata Misterius yang TakTerjamah

Pernahkah Sobat mendengar Pulau Satonda? Pulau yang terletak di utara Gunung Tambora dan Pulau Sumbawa ini merupakan bagian dari Kabupaten Doku, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Satonda adalah salah satu Pulau tercantik di Indonesia dengan ciri khas danau besar di tengahnya.

Dibalik keelokannya, terdapat beberapa keunikan yang membuat Pulai ini misterius, diantaranya Pulau Satonda dijuluki sebagai pulau kutukan, sehingga tidak ada yang mendiami pulau ini. 

Selain itu, terdapat danau moti to'i yang terletak di tengah pulau yang dahulu memiliki air tawar, kemudian berubah menjadi air asin. Konon kabarnya tingkat keasinan danau ini dua kali lipat lebih asin dari air laut, sehingga kita bisa mengapung dan tidak akan tenggelam di danau ini. Benarkah demikian? Menururt para ahli, keunikan ini terjadi setelah meletusnya gunung api dasar laut jutaan tahun lalu, sehingga air lautnya mengisi kawah. 

Para peneliti juga mengatakan bahwa biota laut di danau Satonda mirip dengan ekosistem lautan yang ada pada zaman purba, dikarenakan banyaknya material strimalit 3,4 miliar tahun yang lalu. Wah, jika Sobat memiliki jiwa traveling yang tinggi, pasti penasaran nih dengan danau satu ini.

https://lomboknews.id/danau-satonda-berair-asin-salah-satu-dari-lima-titik-stromatolit-di-dunia/