lihat semua

MALUKU UTARA MARIMOI NGOME FUTURU

Sat, 17 October 2020

KEKAYAAN MALUKU UTARA 

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi Maluku Utara. Provinsi yang tersohor akan festival budaya dan keindahan alamnya ini menyimpan sejarah Perang Dunia II, loh! Penasaran dengan keindahan Maluku Utara? Yuk, simak fakta-fakta menarik nya berikut ini! 

1. Festival Teluk Jailolo, Halmahera Barat. 

Festival Teluk Jailolo di Halmahera, Kenalkan Wisata Alam Melalui Festival  Budaya

Festival Teluk Jailolo merupakan sebuah festival masyarakat Halmahera Barat. Festival ini menampilkan atraksi budaya yang mengombinasikan kekayaan serta keindahan alam. Festival Teluk Jailolo (FTJ) masuk dalam jajaran 100 Wonderful Event dan menjadi list Calender of Event (CoE) Kementerian Pariwisata (Kemenpar). Rangkaian acara FTJ diantaranya, Ritual Sigofi Ngolo, Teater Kuliner 7 Suku Asli, Jelajah Halmahera Barat, Ekspedisi Talaga Rano, dan Ekspedisi Burung Bidadari, pesta tani, musik, akustik, dayung, panjat pinang serta perlombaan tarian tradisional. Wah, menariah bukan?

https://www.kemenparekraf.go.id/event/festival-teluk-jailolo

 

2. Gerhana Matahari Total di Maluku Utara, Ajang Promosi Daerah

Maluku Utara Siap Sambut Wisata Gerhana Matahari Total - Indonesia Trip News

National Aeronautics and Space Administration (NASA), peneliti Korea dan Prancis langsung melakukan pengamatan bersama dengan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (Lapan). Momen ini dijadikan Gubernur Maluku Utara, Abdul Gani Kasuba untuk meningkatkan ekonomi Maluku Utara, Sebab, masyarakat dan UMKM bisa menjual berbagai aksesoris seperti kacamata untuk melihat gerhana. Tak hanya itu, kemeriahan GMT di Maluku Utara juga ditambah dengan menggelar konser Slank di Ternate.

https://mediaindonesia.com/read/detail/29127-gara-gara-gmt-maluku-utara-mendunia

 

3. Indeks Kebahagiaan Masyarakat di Provinsi Maluku Utara tertinggi di Indonesia 

Maluku Utara Provinsi Paling Bahagia di 2017 - Infografik Tirto.ID -  Tirto.ID

Tahu gak sih,  Indeks Kebahagiaan Masyarakat di Provinsi Maluku Utara tertinggi di Indonesia tahun 2017 menurut Badan Pusat Statistik. Provinsi ini memiliki indeks kebahagiaan paling tinggi dengan  75,68 poin. Kemudian secara berturut-turut diikuti dengan Maluku 73,77 poin dan Sulawesi Utara 73,69 poin. Penilaian indeks kebahagiaan ini ditentukan oleh berbagai faktor, di antaranya adalah pendidikan, pekerjaan, dan pendapatan. Dari catatan itulah, publik mengakui bahwa masyarakat Maluku Utara hidup dengan rasa bahagia.

https://tirto.id/maluku-utara-provinsi-paling-bahagia-di-2017-cCME

 

4. Uniknya Danau Tolire, Berbentuk Menyerupai Loyang Raksasa!

 

 

C:\Users\ASUS\Pictures\mm.jpg

Danau Tolire merupakan sebuah danau yang terletak di Ternate, Maluku Utara. Ada dua Danau Tolire, yaitu Danau Tolire Besar dan Danau Tolire Kecil. Danau Tolire Besar memiliki keunikan yaitu berbentuk seperti loyang raksasa.

 Di sini terdapat sebuah tradisi unik yang bernama tradisi lempar batu. Jika kita melempar batu ke Danau Tolire, batu tersebut dipercaya tidak akan pernah sampai ke permukaan air. Bahkan, kita tidak dapat melihat percikannya. Secara alamiah, belum bisa dijelaskan bagaimana hal itu terjadi. Besar kemungkinan, karena tidak adanya gravitasi di permukaan air Danau Tolire.

Mitos atau fakta, ya? Jika sobat berkesempatan mengunjungi Ternate, jangan lupa berkunjung sebentar ke Danau Tolire untuk membuktikannya sendiri, hehe. 

https://www.inews.id/travel/destinasi/eksotisme-danau-tolire-bentuknya-unik-mirip-loyang-raksasa

https://mounture.com/cerita-petualang/mengenal-si-cantik-danau-tolire-di-gunung-gamalama/

 

5. Pantai Sulamadaha, Kejernihan Airnya Menyerupai Kaca!

Sulamadaha, Ternate, Indonesia | Ternate, North maluku, Places to travel

Sebuah oasis cantik di pinggiran Ternate dijamin bikin kamu berdecak kagum deh! Yap, Sulamadaha adalah pantai yang paling terkenal di Ternate. Tidak hanya di Indonesia, namun pantai ini juga terkenal hingga mancanegara. Wah!

Air pantai yang jernih membuat batuan karang yang berada di dasar air terlihat jelas, bahkan perahu yang  bersandar disana terlihat seperti melayang saking jernihnya. Suasana pantai yang sepi, sejuk dan tenang akan membuat suasana hati semakin damai menikmati alam. Selain menikmati suasa pantai yang damai, tentu sayang jika melewatkan aktivitas snorkeling. Sobat akan melihat beragam jenis ikan yang hidup pada terumbu karang disana. Jika beruntung, penyu yang  bebas berenang di lautan pun dapat terlihat! 

https://merahputih.com/post/read/pantai-sulamadaha-secuil-surga-di-maluku-utara

 

6. Pulau Maitara dan Pulau Tidore Diabadikan Dalam Uang Pecahan 1000 Rupiah

Foto-foto Keindahan Indonesia yang Selama Ini Cuma Kita Lihat di Uang  Kertas | KASKUS

Ketika pemerintah mengabadikan suatu destinasi pada selembar uang kertas pasti telah melalui berbagai pertimbangan. Pulau Tidor dan Pulau Maitara bisa dijumpai pada selembar uang 1000 rupiah tentu karena kedua pulau tersebut punya keindahan yang layak untuk dibanggakan.

https://kumparan.com/kumparantravel/pesona-maitara-pulau-indah-di-uang-pecahan-seribu-rupiah-lama-1sXNzYmz6Lb

 

7. Surga Tersembunyi Pulau Morotai, Lebih Indah dari Maldives! Dan Menjadi Sejarah Perang Dunia II 

Life Is An Absurd Journey: Seven Best I've Been

'Tuhan sedang tersenyum ketika menciptakan Pulau Morotai' Kalimat tersebut rasanya cocok untuk menggambarkan bentang alam Morotai. Kenalan dengan surga tersembunyi di Maluku Utara ini, yuk!

Pulau Morotai adalah 'surga' nya Timur Indonesia yang terletak di Kepulauan Halmahera, Provinsi Maluku Utara.  Timur. Morotai adalah salah satu pulau terluar di Indonesia. Luasnya hanya 1.800 kilometer persegi. meskipun luasnya tidak begitu besar, namun keindahan alamnya sangat memukau bak surgawi. Pulau Morotai terkenal sebagai tempat menyelam terbaik di Indonesia. Ada 28 titik keindahan alam bawah laut Pulau Morotai yang bisa Sobat nikmati. 

Tak hanya terumbu karang atau ikan berwarna-warni, namun juga ada sisa-sisa peperangan Perang Dunia II. Salah satu peninggalan Perang Dunia II yang paling terkenal adalah bangkai pesawat  jenis Bristol Beuford buatan Australia yang tenggelam di kedalaman 40 meter. Jika ingin melihat benda bersejarah tersebut, Sobat bisa pergi ke spot diving bernama Wawama Diving Center. Namun, jika ingin melihat pesawat  Jeep Willy dan pesawat sekutu, bisa datang ke spot diving Totodaku Diving Center.

Bagaimana Sobat Budaya, tertarik dengan keindahan alam dipadu dengan peninggalan Perang Dunia II di Morotai? 

https://ksmtour.com/informasi/tempat-wisata/maluku-utara/pulau-morotai-menyimpan-pesona-sejarah-perang-dunia-di-maluku-utara.html

 

8. Ternate dan Tidore, Pusat Rempah-Rempah Dunia

Rempah-Rempah Menempatkan maluku Utara di Mata Dunia - MerahPutih

Indonesia patut bangga dengan Kepulauan Maluku, sebab menjadi poros perdagangan rempah dunia dengan cengkih dan pala sebagai barang dagangan utama. Kepulauan Maluku dijuluki sebagai the Spicy Island yang artinya kepulauan rempah-rempah. Kepulauan Maluku sendiri merupakan satu provinsi semenjak Indonesia merdeka sampai dipecah pada 1999 menjadi Maluku Utara dan Maluku. 

Wilayah Provinsi maluku Utara salah satunya adalah Ternate dan Tidore yang merupakan penghasil rempah-rempah dunia.  Hingga Pulau-pulau di gugusan Provinsi Maluku Utara adalah sumber cengkeh dunia yang melegenda. Pedagang India, Arab, Tiongkok dan Jawa sering berkunjung ke Ternate, Tidore, dan Banda yang menjadi sumber rempah-rempah dunia. 

https://merahputih.com/post/read/rempah-rempah-menempatkan-maluku-utara-di-mata-dunia

 

9. Suku Lingon, Suku Primitif Bermata Biru yang hanya ada di Pedalaman Halmahera, Maluku Utara. 

Suku Lingon | Masyarakat Bermata Biru di Belantara Hutan Halmahera

Suku Lingon adalah fenomena yang benar-benar unik dan menarik. Kok bisa ya ada suku pedalaman yang berfisik orang bule? Padahal nenek moyang kita rasnya bukan Kaukasoid.

Nah Sobat, menurut masyarakat sekitar Halmahera, cerita asal muasal suku Lingon diawali dengan karamnya sebuah kapal asal Eropa di sekitar Halmahera. Sebagian orang yang selamat kemudian menepi dan bertahan hidup di wilayah hutan Halmahera. Mereka menetap selama ratusan tahun dan membentuk suku sendiri.

Suku Lingon menutup diri dan sulit ditemukan oleh orang-orang asing yang ingin mengetahui keberadaan mereka. Hal ini terjadi karena fisik mereka yang berbeda, sehingga banyak yang ingin menculik wanita-wanita Lingon untuk dijadikan istri. Oleh karena itu, suku Lingon hingga saat ini masih mempertahankan kehidupan yang primitif guna mempertahankan populasi suku nya.

https://kumpulanilmu.com/ilmu-sosial/suku-lingon/