lihat semua

KALIMANTAN SELATAN WADJA SAMPAI KAPUTING

Tue, 22 September 2020


 

Halo Sobat Budaya!

Kalimantan Selatan, salah satu provinsi yang terletak di salah satu pulau terbesar di dunia yang ditempati oleh tiga negara sekaligus. Bagaimana, ya warna-warninya budaya masyarakat Kalimantan Selatan? Yuk, kenali lebih jauh!

 

1. Pulau yang Seluruh Penduduknya Adalah Monyet!

Di sekitar Sungai Barito, ada dua pulau yang menjadi rumah bagi monyet-monyet lincah, nih—Pulau Kembang dan Pulau Kaget namanya. Pulau Kembang yang berjarak dari 1,5 km dari Kota Banjarmasin menjadi habitat bagi kera berekor panjang, bahkan konon kalau beruntung pengunjung bisa menemukan kera putih! Sedangkan Pulau Kaget yang terletak di muara Sungai Barito ini telah ditetapkan sebagai cagar alam, karena merupakan habitat monyet besar berhidung panjang atau bekantan (Nasalis larvatus) dan tumbuhan ramai, salah satu mangrove (Sonneratia caseolaris) yang menjadi rumah bagi bekantan. Kedua pulau ini menjadi destinasi wisata orang dari berbagai daerah. Kita bisa berinteraksi langsung dan mengamati kehidupan primata-primata unik ini di habitat aslinya! Kita kunjungi, ya kapan-kapan!

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/pulau-kembang-pulaunya-para-kera

https://baritokualakab.go.id/pulau-kaget/

 

2. Belanja di Pasar Terapung Tertua di Indonesia

Menelusuri Pasar Apung Muara Kuin, Pasar Apung Tertua di Indonesia (3)

Siapa, sih yang engga tau Pasar Terapung? Pasar terapung sudah menjadi ikon Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. Pasar terapung ini jualannya juga beragam, mulai dari hasil kebun hingga jajanan tradisional. Ada beberapa lokasi pasar terapung, tapi yang paling dikenal mungkin Pasar Terapung Muara Kuin di Banjarmasin yang sudah ada sejak zaman ekonomi barter atau 400 tahun lalu, lho! Dengan menggunakan jukung (bahasa Banjarnya perahu) atau klotok (perahu bermesin), penjual dan pembeli melakukan segala kegiatan ekonominya. Kegiatan pasar terapung berakhir jam 09.00 WITA. Setelah itu, para penjual biasanya menuju ke anak-anak Sungai Barito. Kalau Sobat Budaya ingin belanja di Pasar Terapung Muara Kuin, harus bangun pagi ya!

https://kumparan.com/kumparantravel/menelusuri-pasar-apung-muara-kuin-pasar-apung-tertua-di-indonesia-1rHrQCMT6UM/full

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/pasar-terapung

 

 

3. Uniknya Kurung-Kurung Hantak

 

Mungkin Sobat Budaya sedikit asing dengan benda satu ini. Terlihat seperti tiang tinggi menjuntai, tapi sebenarnya merupakan alat musik yang populer di Kabupaten Tabalong. Awalnya kurung-kurung ini digunakan masyarakat untuk bercocok tanam. Fungsinya untuk menekan benih agar masuk jauh ke dalam tanah. Ketika kurung-kurung dihentakkan ke tanah, menimbulkan nada-nada apik—makanya disebut ‘kurung-kurung hantak’. Bunyinya bisa dibilang menyerupai angklung—mungkin karena keduanya sama-sama terbuat dari bambu sehingga bunyi yang dihasilkan juga mirip. Bentuk kurung-kurung hantak cukup sederhana, terdiri dari tiang bambu panjang lalu di bawahnya menyerupai tabung yang beresonansi, sehingga termasuk alat musik idiofon. Kini kurung-kurung hantak biasanya dipentaskan pada acara hajatan. Memainkannya secara ramai-ramai sepertinya akan seru, ya!

https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/ditwdb/kurung-kurung-istilah-kurung-kurung-di-daerah-kalimantan-selatan/

https://kalsel.antaranews.com/berita/3658/kurung-kurung-hantak-lestarikan-budaya-dayak

https://kamilauintan.wordpress.com/2014/03/10/kurung-kurung-alat-musik-tradisional-kalimantan-selatan/

 

 

4. Sensasi Menantang Sate Tulang

Engga melulu sotonya, Banjarmasin punya kuliner yang engga kalah enaknya, nih! Sate Tulang menjadi kuliner yang wajib dicoba kalau ke Banjarmasin. Namanya memang sate tulang, tapi tidak terbuat dari tulang keras, kok. Sate tulang dibuat dari bagian ayam yang biasanya tidak dipakai dalam sate ayam, seperti leher, kulit, dan lemak ayam. Semuanya digiling dan ditusuk, lalu dilumuri bumbu kacang sebelum akhirnya dibakar. Biasanya juga bisa dibumbui dengan bumbu merah yang dominan cabai. Wajib banget, nih mencicipi sate tulang kalau ke Banjarmasin!

https://makananoleholeh.com/makanan-khas-kalimantan-selatan/

https://borneo24.com/kuliner/nikmati-sate-tulang-kuliner-khas-banjar-si-manis-yang-bikin-nagih


 

 

5. Indahnya Pawai Busana Megah di Tabalong Ethnic Festival!

Menghadiri festival budaya tentu menjadi pengalaman yang seru. Kita bisa merasakan secara langsung keunikan suatu budaya dari makanannya, kerajinannya, dan pertunjukannya semua dalam satu lokasi. Kalau ke Kalimantan Selatan, hadir dalam Tabalong Ethnic Festival pasti jadi pengalaman banget! Festival tahunan ini sudah diadakan sejak 2011 dan menonjolkan kebudayaan lokal. Salah satu highlight festival ini adalah karnaval busana. Para peserta mengenakan busana khas Banjar dan Dayak yang dimodifikasi dan pawai sejauh 3.3 kilometer! Busana yang dipamerkan sangat indah dan megah, membuat siapa pun terpukau. Untuk yang hobi fotografi, cocok nih! Oh iya, selain itu festival ini juga menampilkan berbagai tarian, musik, lomba, dan banyak lagi. Wajib, ya disaksikan langsung!

https://wadaibanjar.com/tabalong-ethnic-festival-list-wajib-bagi-wisatawan/

https://www.idntimes.com/travel/journal/agung-setya-1/festival-budaya-adat-di-kalimantan-yang-wajib-disambangi-c1c2/5

 

 

6. Baju Baamar Galung Pancaran Matahari

Baamar Galung Pancar Matahari Dari Suku Banjar - Banjarmasin - budayakita

Nama baju tradisionalnya indah banget ya, Sobat Budaya! Baju tradisional masyarakat Banjar yang sudah dipakai sejak abad ke-17. Perempuan mengenakan baju poko lengan pendek dan biasanya dilengkapi kida-kida atau asesoris yang menutup dada. Untuk laki-laki, memakai kemeja lengan panjang dan dibalut jas tanpa kancing. Baju ini adalah hasil perpaduan dua budaya, lho yaitu Jawa dan Hindu. Budaya Jawa bisa dilihat dari banyaknya hiasan bunga melati dan mawar. Untuk sentuhan Hindu terdapat di dekorasi mahkota yang memiliki motif naga dan kelabang (halilipan). Wah siapa pun yang memakai baju ini pasti bersinar banget, ya sesuai dengan nama bajunya, Baamur Galung Pancaran Matahari!

https://borneochannel.com/pakaian-adat-kalimantan-selatan/#2_Pakaian_Adat_Pengantin_Banjar_Baamur_Galung_Pancaran_Matahari

https://www.borneos.id/pakaian-adat-kalimantan-selatan

https://www.mindtalk.com/channel/budayakita/post/baamar-galung-pancar-matahari-dari-suku-banjar-b-510770054787555627.html