lihat semua

KALIMANTAN BARAT AKCAYA

Tue, 22 September 2020

Halo, Sobat Budaya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa informasi menarik seputar Provinsi Kalimantan Barat nih! Selain keindahan dan kekeyaan alamnya, ingin tahu apa saja yang unik dan menarik di Kalimantan? Yuk, kita simak satu persatu keunikan lainnya! 

1. Dilalui Oleh Garis Lintang Nol Derajat Bumi

21 Maret, Hari Tanpa Bayangan Sambangi Indonesia - kumparan.com

Kota Pontianak yang merupakan Ibukota Kalimantan Barat merupakan satu-satunya pemilik Tugu Khatulistiwa. Tugu yang dibangun tahun 1928 itu menjadi salah satu kebanggan Indonesia. Mengapa bangga? karena dari semua negara yang ada di dunia hanya 12 negara yang dilintasi garis khatulistiwa. Dari 12 negara, hanya ada satu kota yang persis memisahkan belahan bumi selatan dan utara, kota tersebut adalah Kota Pontianak, Kalimantan Barat. Luar biasa bukan?

Tahu gak sih ada fenomena yang bernama kulminasi? Fenomena ini terjadi ketika matahari berada tepat di atas kepala. Sekitar pukul 11.30 hingga 12.30 waktu setempat kita tidak akan menemukan bayangan. Fenomena ini juga menghasilkan gaya gravitasi kuat sehingga mampu membuat telur ayam berdiri tegak. Keren ya! Lalu kapan terjadi fenomena kulminasi? Oke, fenomena ini terjadi dua kali dalam setahun ya, Sobat. Siklus pertama terjadi pada bulan Maret yang menjadi tanda awal musim semi di belahan dunia lain. Sementara siklus kedua terjadi pada bulan September yang menjadi awal musim gugur. 

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150317142922-269-39730/fenomena-tanpa-bayangan-dan-telur-berdiri-tegak-di-pontianak

 

2. Provinsi Seribu Sungai

 

 

Sungai Kapuas, Urat Nadi Kalimantan Barat – UMKM KALBAR

Kalimantan disebut dijuluki “Provinsi Seribu Sungai”. Alasannya karena provinsi ini mempunyai ratusan sungai besar dan kecil yang sering dilayari. Di kota ini pun terdapat sungai terpanjang di Indonesia bahkan ke-5 di Asia Tengggara yaitu Sungai Kapuas dengan panjang 1.143 km. Selain sungai Kapuas, terdapat beberapa sungai lainnya seperti Sungai Keriau, Sungai Landak, Sungai Pawan, Sungai Sambas, Sungai Sekayam, dan lain-lain

https://www.adventuretravel.co.id/blog/5-sungai-terpanjang-di-asia


 

3. Suku Dayak Ditakuti Penjajah Belanda

https://correcto.id/content/images/ctc_2020061401144415622.jpg

Pesona budaya serta adat istiadat Suku Dayak sangat mengagumkan. Banyak turis asing yang datang ke Indonesia dengan tujuan ke Kampung Dayak asli yang ada di Kalimantan. Pada mulanya istilah Dayak digunakan untuk penduduk di Kalimantan Barat. Penduduk yang tinggal di Sambas dan Pontianak disebut dengan Dayak (orang darat) dan untuk penduduk yang tinggal di Banjarmasin disebut dengan Biaju (dari hulu). Di Kalimantan Barat, suku terbanyak adalah Suku Dayak kemudian dilanjutkan dengan Suku Melayu. 

Percaya nggak percaya, Belanda pernah ketakutan loh dengan Suku Dayak ini. Selain karena kekuatan mistisnya, Suku Dayak yang terbiasa hidup di dalam hutan sudah terbiasa dengan penyerangan, sehingga saat Belanda datang menyerang, pasukan Belanda kewalahan menghadapi ketangkasan Suku Dayak. Selain itu, Suku Dayak juga memiliki senjata tradisional yang sangat mematikan yaitu sumpit beracun. Begitu tertancap anak sumpit, maka korban akan kejang-kejang hingga tewas. Hal mematikan tersebut terjadi hanya dalam hitungan menit. 

https://www.netralnews.com/news/rsn/read/100205/dahsyat-inilah-pasukan-hantu-yang-sangat-ditakuti-belanda

 

4. Kue Bingke, Jajanan Khas Kalimantan Barat

Kue-Bingke,-Kue-Khas-Pontianak – Wisata Kuliner

Kenalan dulu yuk sama Jajanan khas Kalimantan Barat yang legit dan ngangenin ini. Kue bingke atau kue bingka terbuat dari campuran telur, santan, tepung, terigu dan gula pasir. Kue bingke memiliki rasa yang manis dengan tekstur empuk dan legit. Teksturnya yang lembut dengan aroma vanili membuat mulut susah diajak kompromi untuk berhenti ngunyah. Nggak heran jajanan ini menjadi oleh-oleh khas Provinsi Kalimantan Barat. 

Belum pas rasanya jika Sobat berkunjung ke Kalimantan Barat tidak mencicipi kue lezat ini!

https://umkmkalbar.id/tag/kuliner-kalimantan-barat/


 

5. Rumah Radankng, Rumah Adat yang Dihuni Puluhan Keluarga

rumah adat kalimantan barat

Rumah Radankng adalah ciri khas dari masyarakat Dayak yang tinggal di daerah Kalimantan Barat. Rumah adat ini memiliki panjang sekitar 180 meter dan lebar 6 meter. Rumah Radankng memiliki sekita 50 ruangan. Rumah Radankng mampu menampung puluhan kepala keluarga dan ratusan orang loh! Keren ya! Rumah Radankng memiliki filosofi kebersamaan dan toleransi dari setiap anggota keluarga. Sayangnya, Rumah Radankng sudah mulai menghilang sejak tahun 1960-an dan sangat sulit ditemukan. Yuk, kita lestarikan rumah adat nusantara!

https://pariwisataindonesia.id/ragam/rumah-adat-panjang-kalimantan-barat/

 

 

6. Lagu Daerah Kalimantan Barat

 

Provinsi terbesar ke-4 di Indonesia ini memiliki letak geografis yang berbatasan langsung dengan Negara bagian Sarawak, Malaysia. Provinsi Kalimantan Barat terkenal dengan kekayaan seni dan budaya, salah satunya adalah lagu daerah. Siapa yang tau apa saja lagu daerah Kalimantan Barat? Mungkin kebanyakan dari kita mengetahui lagunya, tetapi tidak tau asal daerahnya. Lagu daerah Kalimantan diantaranya, Aek Kapuas, Cik Cik Periok, Alon Alon, Masjid Jami, Kapal Belon, Antere Kapuas-Landak, Sungai Kapuas, Alok Galing, Dare Sibang, Ca Uncang, Bujang Nadi, Darilah Saing, Kaing Lunggi, Di Mane Kucare, Passan Dollo, Ruwai, serta masih banyak lagi.  Dari yang sudah disebutkan, mana, nih yang Sobat Budaya hapal?

Oiya, jangan lupa lestarikan lagu daerah di Indonesia, ya! Sebagai penerus bangsa kita harus mencintai dan melestarikam budaya kita, agar anak cucu kita kita nanti masih bisa menikmati keragaman budaya nusantara.

https://lagudaerah.id/kalimantan-barat/