lihat semua

DI YOGYAKARTA AMEMAYU HAYUNING BAWANA

Tue, 22 September 2020

 

YUK, BERKELILING JOGJA!

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa informasi menarik seputar Provinsi DIY. Selain terkenal sebagai kota pelajar, apa lagi yang Sobat tahu tentang Yogyakarta? Cari tahu jawabannya disini, Yuk. 

1. Memiliki Julukan Terbanyak

 

Fakta dan Mitos Jogja: jognik

Setiap orang yang datang mempunyai ketertarikan yang berbeda-beda terhadap Kota Yogyakarta. Sehingga, banyak sebutan atau julukan yang diberikan terhadap kota ini. Beberapa diantaranya adalah kota wisata, kota gudeg, kota pelajar, kota istimewa, kota seniman, kota seni budaya, kota pasar tradisional, kota batik, kota buku, kota kraton, serta kota komunitas. Kalau Sobat, biasanya menyebut Kota Jogja dengan sebutan apa?

Kota Jogja sendiri memiliki nama lain terbanyak. Nama-nama itu adalah Jogja, Yogya, Jogjakarta, Yogyakarta, Djogja, Ngayogyakarta, Ngayogyakarta Hadiningrat, Yoja/Yojo. Wah, banyak juga ya. 

https://www.krjogja.com/berita-lokal/diy/yogyakarta/11-hal-ini-membuat-yogya-unik-dan-istimewa/

2. Selain Menjadi Situs Warisan Dunia UNESCO, Lokasi ini Pernah Menjadi Latar Film Hollywood 

Keren! 5 Film Ini Berlokasi Syuting di Indonesia - Mister Aladin ...

Ingin Tahu Lokasi Syuting Film Hollywood di Indonesia? Ini ...

Sudah pernah menonton film Beyond Sykline? Yap, tempat pertarungan antara bangsa manusia dan alien itu terletak di Candi Prambanan. Film garapan sutradara Liam O’Danell ini berkisah tentang seorang detektif yang berusaha menyelamatkan anaknya dari sekapan alien jahat yang menginvasi bumi. Tak hanya itu, Candi Prambanan juga digunakan sebagai lokasi syuting film The Phillosophers yang dibintangi oleh Cinta Laura, lho! Film bergenre fiksi ilmiah ini juga mengambil beberapa latar tempat ikonik di Indonesia seperti di Jakarta dan Jawa Timur.  Bangga bukan? 

Selanjutnya, ada Candi Borodur yang dijadikan latar film Java Heat (2013). Film garapan Connor Allyn ini bercerita tentang seorang perampok yang diburu oleh polisi internasional karena menyandera seorang putri untuk menjarah semua harta kekayaan kerajaan. Berbagai intrik terjadi di istana kuno, masjid, kuil, labirin bawah tanah, dan batu piramida di jantung Pulau Jawa. 

https://phinemo.com/6-tempat-wisata-di-indonesia-yang-menjadi-lokasi-syuting-film-hollywood/

3. Kota Batik Dunia 

Jogjasiana

Sejak batik dinobatkan sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO tahun 2009, batik semakin terkenal. Tahun 2014, Yogyakarta juga dinobatkan sebagai Kota Batik Dunia oleh World Craft Council (Dewan Kerajinan Dunia) pada peringatan 50 tahun organisasi tersebut di Donghyang, Provinsi Zhejiang, Tiongkok. Alasannya karena Kota Yogyakarta dinilai memiliki kriteria yang pantas untuk mengemban predikat sebagai kota batik, baik dalam hal nilai sejarah dan keasliannya.

Batik yang cukup lama dan bisa menjadi wisata budaya Jogja adalah batik Giriloyo. Berkat kepopuleran batik ini, kampung di Jogja bahkan kedatangan tamu asing dari berbagai belahan dunia, seperti Asia, Amerika, Afrika dan Eropa. Sudah terbukti bahwa batik ini sudah go internasional. Beberapa motif batik khas Jogja antara lain, motif sindur, motif sidu mukti, motif kawung, motif cuwiri, motif nitik, motif udan liris, motif parang, motif ceplok kasatrian dan lain-lain.

https://jogja.tribunnews.com/2017/10/27/tujuh-kriteria-dewan-kerajinan-dunia-dalam-menetapkan-yogya-sebagai-kota-batik-dunia

https://batikgiriloyo.com/

4. Festival Seni Kontemporer, Artjog

Pameran ART|JOG 10 Digelar di Jogja National Museum - Medcom.id

Kota Jogja yang dikenal sebagai kota seni budaya, juga diakui loh oleh ASEAN. Alasannya karena dianggap sebagai pusat budaya bangsa. Yogyakarta juga memiliki banyak festival seni kontemporer, salah satunya adalah Artjog. Festival ini digelar sejak tahun 2008 hingga saat ini. Artjog diselenggarakan di Jogja National Museum yang berlokasi di Jl. Prof. Ki Amri Yahya No. 1 Pakuncen Wirobrajan, Yogyakarta. Di dalam sana Sobat akan melihat berbagai macam instalasi seni menarik yang instagramable, lho! Nah Sobat, jangan lupa bawa kamera kalau ingin berkunjung ke Artjog, ya! 

https://www.travelblog.id/menikmati-berbagai-karya-seni-di-artjog-mmxix/

5. Tradisi Saparan

Upacara Tradisi Saparan Bekakak Mampu Mendukung Aspek Ekonomi ...

Sesuai namanya, Saparan, upacara ini dilakukan setiap bulan Safar. Adanya upacara ini dilatarbelakangi oleh penghormatan kesetiaan keluarga abdi dalem keraton, Kiai dan Nyai Wirosuto terhadap Sri Sultan Hamengkubuwono I. 

Uniknya, dalam upacara ini akan dilakukan penyembelihan sepasang pengantin Jawa. Jangan kaget dulu ya, Sobat. Pengantin yang dimaksud disini bukan manusia, melainkan sepasang pengantin boneka temanten yang terbuat dari tepung ketan. Setiap tahunnya, upacara ini dilakukan di Desa Ambarketawang, Gamping, Sleman, DI Yogyakarta. Wah, unik ya!

https://jogja.tribunnews.com/2019/10/15/upacara-adat-saparan-bekakak-akan-digelar-besok-jumat

6. Bukan Dipukul, Gong Sebul Dimainkan Dengan Cara Ditiup

Berbeda dengan gong pada umumnya, gong sebul dimainkan dengan cara ditiup. Gong sebul adalah alat musik yang terbuat dari sepotong bambu (ochloa gigantea). Gong sebul biasanya dimainkan untuk melengkapi musik rasidi Krumoyung yang terdiri dari alat musik tradisional yang kebanyakan terbuat dari bambu, seperti peking, gambang, kumpul, demung dan kendang. 

https://semuatentangprovinsi.blogspot.com/2016/10/alat-musik-tradisional-daerah-istimewa-yogyakarta-diy.html
 

7. Goa Pindul Punya Stalaktit dan Stalagmit Terbesar ke-4 Di Dunia

Harga Tiket Masuk Goa Pindul Jogja, beserta kegiatan di kawasannya ...

New York Times, harian terbesar dan terkenal di Amerika Serikat memasukkan Yogyakarta sebagai destinasi yang harus dikunjungi pada tahun 2014, bahkan Jogja termasuk urutan ke-20 diantara tujuan wisata di dunia, bersamaan dengan destinasi popular lain seperti Cape Town di Afrika selatan dan Christchurch di Selandia Baru. Salah satu destinasi yang wajib dikunjungi adalah Gua Pindul. Yap, untuk Sobat yang sudah pernah mengunjungi gua ini, pasti tahu kan, terdapat stalaktit dan stalagmit yang menghiasi lorong dalam gua? Tapi, tahu gak sih, stalaktit dan stalakmit tersebut rupanya memiliki ukuran terbesar ke-4 di dunia loh! Tentunya hal ini menjadi daya tarik tersendiri dari objek wisata ini. 

https://jadiberita.com/59743/jelajahi-gua-pemilik-stalagtit-terbesar-ke-4-dunia-di-jogja.html