lihat semua

BENGKULU SEKUNDANG SETUNGGUAN SEIO SEKATO

Tue, 22 September 2020

 

SEJAUH MANA MENENGAL BENGKULU?

 

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi yang terkenal dengan kopi robusta nya, nih! Ada rekomendasi wisata alam yang masih asri dan jarang diketahui orang banyak juga, loh! Yuk, simak fakta-fakta menariknya.

1. Penghasil Kopi Robusta Terbesar di Indonesia 

Produktivitas Kopi Robusta Bengkulu Jauh dari Harapan, Apa ...

Bagi para pecinta kopi, khususnya kopi robusta, sudahkah Sobat mencicipi kopi robusta khas Bengkulu? Kira-kira, apa yang membuat kopi robusta asal Bengkulu ini unik? 

Umumnya robusta memiliki rasa asam dan sedikit rasa pahit, ya, Sobat. Namun tidak dengan kopi robusta Bengkulu. Bagi pecinta kopi robusta, pasti merasakan robusta Bengkulu ini berbeda dari yang lain. Kopi ini ditanaman di ketinggian rata-rata 800 meter dari permukaan laut, yang sebetulnya lahan untuk arabika. Kopi Bengkulu juga diolah secara tradisional dan hal inilah yang membuat aroma kopi menjadi sangat khas. Kelebihan lainnya adalah kopi robusta Bengkulu ini tidak dicampurkan dengan bahan apapun sehingga tidak terdapat efek samping yang berbahaya jika Sobat ingin mengonsumsinya. Cocok banget nih, dinikmati sambil bersantai di sore hari. 

Tahu gak sih, Bengkulu menyumbangkan sekitar 70% dari total produksi kopi Robusta yang ada di Indonesia, lho.  Bengkulu pun diketahui sebagai provinsi ketiga terbesar penghasil kopi di Indonesia setelah Sumatra Selatan dan Lampung. Kopi ini juga mendapatkan penghargaan internasional yang digelar oleh Agency for the Valorization of the Agricultural Products (AVPA), sebuah organisasi di Prancis yang fokus membantu produsen produk pertanian dari seluruh dunia. 

Sepertinya cita rasanya tidak diragukan lagi. Benar-benar menggoda untuk segera mencicipinya...

 

https://www.bengkuluinteraktif.com/fakta-tentang-kopi-bengkulu-yang-belum-banyak-diketahui

https://www.bengkulutoday.com/cita-rasa-kopi-bengkulu

 

2. Pusat Iklim Dunia Ada di Bengkulu

ILMU GEOGRAFI: Februari 2015

Pada tahun 2015, dilakukan penelitian iklim oleh 9 negara mulai dari Jepang, Inggris, Amerika Serikat, Filipina, China, Taiwan, Vietnam, Australia dan Indoneisa di wilayah Bengkulu. Ada beberapa fakta unik yang menempatkan provinsi Bengkulu menjadi pusat penelitian iklim dunia, lho, Sobat. Apa saja?  

Adanya pembentukan comulonimbus (awan hujan) setiap hari di wilayah Bengkulu dan menyebar ke seluruh Benua Maritim Indonesia dan belahan bumi lainnya, adanya fenomena Dipole Mode, adanya angin muson yang menyebabkan pergerakan angin selalu dari barat, sehingga sepanjang tahun ada hujan, meskipun musim kemarau tetap akan terjadi hujan, ya, Sobat. Adanya hutan bukit barisan juga berperan sebagai sistem proteksi ketika wilayah Bengkulu di terpa gelombang dingin asia. Apabila kawasan tersebut rusak, maka dampaknya akan dirasakan juga hingga ke beberapa negara lain. 

Nah Sobat, dari penjelasan diatas, keunikan letak geografis dan laut Bengkulu ternyata bisa dijadikan sebagai dasar penelitian mitigasi bencana atau alarm bencana untuk negara Indonesia dan negara-negara lainnya, lho. Wah

 

https://republika.co.id/berita/nasional/daerah/15/12/24/nzuzki382-bengkulu-jadi-pusat-iklim-dunia

https://www.climate4life.info/2015/12/bengkulu-pusat-iklim-dunia-bagaimana.html

 

3. Menyimpan Banyak Sejarah Kemerdekaan

Menengok Rumah Pengasingan Bung Karno - Kompasiana.com

Yuk, mengingat kembali masa kemerdekaan Indonesia, lewat ilmu sejarah yang pernah Sobat dapat sewaktu sekolah dulu! Nah Sobat, ngomongin soal sejarah, masih ingat nggak dengan kediaman Presiden Soekarno saat diasingkan? kalau rumah Ibu Fatmawati, dimana? Sini, deh. Aku bantu ingetin..

Pada tahun 1938-1942, Presiden Soekarno diasingkan ke Bengkulu dan menempati rumah yang terletak di Jalan Sukarno Hatta, Kelurahan Anggut Atas, Kec. Gading Cempaka. Barang-barang peninggalan Bung Karno mulai dari koleksi buku hingga foto-foto keluarganya masih menghiasi hampir seluruh ruangan. Kini, rumah tersebut menjadi peninggalan bersejarah dan masih terawat dengan sangat baik. 

Selain Bung Karno, kalian juga dapat berkunjung ke rumah Ibu Fatwati, lho. Rumah ini terletak di Jalan Fatmawati, Kec. Ratu Samban, Bengkulu. Barang peninggalannya pun, hingga kini masih tertata rapi. Kabarnya, mesin jahit yang digunakan oleh Ibu Fatmawati untuk menjahit bendera merah putih saat kemerdekaan masih ada di rumah ini. 

Yuk, mampir sebentar ke rumah Presiden Soekarno dan Ibu Fatmawati, berwisata edukasi sekaligus mengenang sejarah kemerdekaan. 


https://www.pikiran-rakyat.com/nasional/pr-01672504/kisah-fatmawati-soekarno-penjahit-sang-saka-merah-putih-sekaligus-ibu-negara-pertama-indonesia?page=
 

4. Bunga Rafflesia dan Benteng Marlborough yang Mendunia

Kisah Penemuan Bunga Rafflesia arnoldi di Bengkulu - Tirto.ID

Gerhana Matahari Total, Ketua DPR RI Kunjungi Benteng Marlborough ...

Tahukah Sobat, bahwa lambang provinsi Bengkulu adalah Bunga Rafflesia yang pertamakali ditemukan oleh Thomas Stamford Raffles dan Dr Joseph Arnold pada tahun 1818. Berkat Thomas Stamford Raffles, nama Bengkulu diabadikan menjadi nama jalan di Singapura, lho. Alasannya karena negara Singapura pertamakali didirikan oleh Thomas Stamford Raffles. Bahkan sampai saat ini, nama Bengkulu masih terlihat di Bencoolen Street. Bengkulu juga dikenal hingga ke mancanegara berkat Benteng Marlborough (Fort Marlborough). Dibangun pada masa kolonial Inggris tahun 1914 dibawah kepemimpinan Gubernur Joseph Callet. Benteng Marlborough memiliki luas 44.100 meter persegi dengan desain menyerupai kura-kura jka dilihat dari atas. Unik, yah

 

https://osc.medcom.id/community/sejarah-rafflesia-arnoldii-bunga-raksasa-dari-bengkulu-1008

https://www.bengkuluinteraktif.com/ada-benteng-marlborough-selain-di-bengkulu-indonesia

 

5. Rekomendasi Wisata Alam Bengkulu

 

 

Pantai Laguna Samudra - tukangpantai

Secara topografi, wilayah Bengkulu sebelah barat berbatasan langsung dengan Samudra Hindia dan sebelah timur nya berbatasan dengan bukit barisan. Itulah mengapa, Provinsi Bengkulu memiliki keindahan bentang alam yang sangat lengkap. 7 dari 10 Kabupaten dan Kota merupakan daerah pesisir pantai, sedangkan wilayah lainnya merupakan daerah pegunungan yang sangat sejuk. 

Ada beberapa rekomendasi wisata laut dan pantai Bengkulu yang wajib Sobat kunjungi yang pastinya tidak kalah dengan pesona Pulau Bali, deh.  Yang pertama, ada pantai seperti Pantai panjang, Pantai jakat, Pantai Sungau Suci, Pantai Manula, Pantai Laguna Samudra dan Pantai Linau. Yang kedua, ada wisata pulau seperti Pulau Tikus dan Pulau Enggano. Serta untuk wilayah pegunungan, kalian bisa mengunjungi kebun teh abawetan, Bukit Kandis, Bukit Kaba serta mengeksplorasi ratusan air terjun yang dapat menyejukkan mata dan pikiran sejenak dari penatnya hiruk piruk perkotaan.

Bagaimana? Tertarik berlibur ke Bengkulu setelah membaca artikel ini? Kalau Sobat berjiwa traveler sejati, suka sejarah, dan suka kuliner, pasti akan suka dengan Bengkulu! Untuk apa berjelajah sampai ke luar negeri, ketika semua bisa Sobat temukan di Bengkulu, betul kan? 

 

https://www.rayadventure.com/pantai-di-bengkulu/

https://www.idntimes.com/travel/destination/prila-arofani/tempat-wisata-di-bengkulu