lihat semua

BANTEN IMAN TAQWA

Tue, 22 September 2020

Halo, Sobat Budya! 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa informasi menarik seputar Provinsi yang terkenal dengan tradisi unik yang memiliki kekuatan magis. Selain tradisinya, ingin tahu apa saja yang unik dan populer di Banten? Yuk, kita simak satu persatu keunikan lainnya! 

1. Keunikan Istimewa Suku Baduy Dalam  

 

MERAYAKAN PESTA PANEN, BADUY DALAM DITUTUP SELAMA 3 BULAN.

Kenalan dulu yuk sama Suku Baduy Dalam. Suku Baduy Dalam merupakan salah satu suku yang terkenal di Indonesia karena belum tersentuh oleh dunia luar. Sebuah peradaban terpencil yang masih menjaga dan melestarikan alam yang ada. Tiga hal yang mencerminkan Suku Baduy Dalam yakni berpegang teguh pada aturan adat, bijaksana dan sederhana. Sudah penasaran dengan keunikan Suku Baduy Dalam? Ini dia jawabannya. 

Kampung Cibeo lebih terbuka bagi wisatawan dibandingkan kedua kampung lainnya, yaitu Kampung Cikertawarna dan Kampung Cikeusik. Tapi tetap ya, Sobat tidak diperbolehkan mengambil foto dan menggunakan bahan kimia seperti sabun dan sampo saat mandi. Selain itu, sampai saat ini Suku Baduy Dalam masih melarang penggunaan aliran listrik, selalu berjalan kaki dan melarang kendaraan bermotor, menggunakan bambu sebagai pengganti piring dan gelas, hidangan olahan ayam hanya dimakan pada saat upacara adat saja serta masih dilakukan perjodohan seperti zaman Siti Nurbaya. Wah, kalo yang terakhir  sih tawaran bagus buat para jomblo, ups

Suku Baduy Dalam berbeda dengan Suku Baduy Luar yang lebih terbuka dengan teknologi saat ini. Suku Baduy Luar sudah memperbolehkan akses listrik, sudah memiliki telepon genggam, menggunakan kendaraan bermotor, dan bebas memilih pasangan nya sendiri. Namun, keduanya tetaplah termasuk Suku Baduy. Dapat dikatakan bahwa Suku Baduy Luar berfungsi sebagai benteng sekaligus filter yang berhadapan langsung  dengan keagresifan budaya luar. 

https://travel.tribunnews.com/2019/09/07/12-fakta-unik-suku-baduy-dalam-rumah-tak-menjadi-simbol-kekayaan

file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2292-Article%20Text-3377-1-10-20170612.pdf

 

2. Taman Ujung Kulon Ditetapkan UNESCO Sebagai Natural World Heritage Site

 

Ujung Kulon National Park, Banten - Indonesia | Most beautiful ...

Taman Nasional Ujung Kulon terletak di Provinsi Banten. Ujung Kulon merupakan Taman Nasional tertua di Indonesia yang telah diresmikan sebagai salah satu warisan dunia yang dilindungi oleh UNESCO pada tahun 1991. Mengapa bisa? UNESCO menilai bahwa Ujung Kulon memiliki wilayah yang luas mencangkupi hutan lindung yang menjadi habitat satwa langka spesies badak dan beberapa pulau yang menjadi kawasan konservasi dan juga pariwisata. 

Kawasan Taman Nasional ini memiliki luas sekitar 122.956 Ha (443 km² di antaranya adalah lautan yang dimulai dari Semenanjung Ujung Kulon sampai dengan Samudera Hindia). Wah luas banget ya. 

Terdapat 700 jenis flora dan 608 jenis fauna yang berada di kawasan ini. Selain ciri khas flora dan fauna yang dimiliki, Taman Nasional Ujung Kulon juga memiliki Cagar Alam dan objek wisata yang menawan, lo! Seperti Pulau Peucang, Pantai Selatan, Gua Sanghyangsirah, Sumber air Panas Cibiuk dan masih banyak lagi. 

http://indonesiabaik.id/infografis/taman-nasional-ujung-kulon-tak-sekedar-suaka-badak-jawa

https://www.nativeindonesia.com/taman-nasional-ujung-kulon/

https://www.jurnalasia.com/bisnis/taman-nasional-ujung-kulon-kaya-flora-dan-fauna/

 

3. Badak Bercula Satu Menjadi Salah Satu Maskot Asian Games 2018 

Jumlahnya Sangat Memprihatinkan, Ini 5 Fakta tentang Badak Jawa ...

Sobat Budaya pasti tahu kan satwa khas Banten? Yap, Badak Jawa. Badak Jawa berada di Taman Nasional Ujung Kulon. Panjang tubuhnya sekitar 3 m dengan tinggi 1,5 m dan berat mencapai 1800 hingga 2700 kg. Keunikan Badak Jawa adalah hanya mempunyai 1 cula. Cula ini digunakan badak untuk bertarung. Namun begitu, ternyata badak tidak punya predator, lho! Artinya tidak ada hewan yang memangsa badak. 

Kini, jumlahnya diperkerikan kurang dari 60 ekor saja. Oleh karena itu, sangat sulit menemukan Badak cula satu di Taman Nasional Ujung Kulon yang sangat luas. Apalagi Badak Jawa suka menghindari manusia. 

Jika Sobat ingin menemui badak bercula satu, Sobat dapat mengunjungi Museum Zoologicum Bogorinese-LIPI, Bogor. Namun, di musdeum ini tidak terdapat badak yang masih hidup, melainkan badak jantan yang sengaja ditembak mati di tahun 1934 oleh Pemerintah Hindia Belanda. 

https://www.hitekno.com/sains/2018/07/17/180000/fakta-unik-badak-bercula-satu-maskot-asian-games

 

4. Kesaktian Golok Ciomas Khas Banten

Senjata Tradisional Banten | GPS Wisata Indonesia

Golok Ciomas merupakan senjata khas Banten. Senjata tajam ini dipercaya memiliki kekuatan magis, kabarnya digunakan oleh jawara Banten sejak zaman kesultanan dulu. Nama Ciomas sendiri diambil dari wilayah asli pembuatan golok ini, yaitu di Kecamatan Ciomas, Serang, Banten. Kekuatan magis ini diperoleh dari ritual-ritual khusus yang dilakukan pada saat proses pembuatan Golok Ciomas. 

Konon katanya, golok ini dipercaya dapat “menaklukan” musuh, dengan atau tanpa mengeluarkan golok dari serangkanya. Menurut seorang jawara Banten, seseorang yang mau menagih hutang saja bisa tidak jadi jika si pemilik hutang menyimpan golok ini. Bahkan kekuatan magisnya tidak boleh sembarangan diguanakan untuk keperuan dapur atau memotong tanaman, sebab diyakini kekuatannya dapat menyebar dan menyebabkan kematian. 

Selain mempunyai kekuatan magis, Golok Ciomas juga pernah tercatat dalam Rekor MURI Indonesia sebagai golok terpanjang  di Indonesia sekaligus terbesar di dunia dengan panjang 7 m, lebar 40 cm dan berat 2 ton. Wow. 

https://banten.antaranews.com/berita/32059/golok-ciomas-raksasa

 

5. Bandara Internasional Soekarno-Hatta Tersibuk di Asia Tenggara  

Soekarno-Hatta - Tangerang

Bandara Internasional Soekarno Hatta terletak di Tangerang, Banten. Menurut data dari Airports Council International, Bandara Soekarno-Hatta menduduki peringkat ke-18 sebagai bandara tersibuk di dunia.

Bahkan bandara ini menjadi bandara tersibuk di Asia Tenggara dan melampaui Bandara Changi di Singapura, lho.

Sepanjang 2018 lalu, tercatat ada sekitar 66,9 juta penumpang yang melakukan perjalanan udara melalui Bandara Soekarno-Hatta. Kalau dihitung secara rata-rata, sebanyak 183 ribu orang yang terbang dari dan ke Bandara Soekarno-Hatta setiap harinya. Itu berarti setidaknya ada satu penerbangan setiap 70 detik dan mengalahkan Bandara Changi Singapura yang melayani satu penerbangan setiap 80 detik. Wow!

https://bandaracity.com/berusia-34-tahun-bandara-soetta-masih-yang-tersibuk-di-asia-tenggara/

 

6. Vihara Avalokitesvara Peninggalan Sunan Kalijaga

5 Hal Menarik Seputar Vihara Avalokitesvara Serang | BukaReview

Di Banten, terdapat Vihara peninggalan Sunan Kalijaga yang bernama Vihara Avalokitesvara atau disebut juga klenteng Tri Dharma. Hal ini karena vihara ini melayani tiga kepercayaan umat sekaligus, antara lain Konghucu, Taoisme, dan Buddha.  Vihara yang pernah terbakar paa tahun 2009 ini memiliki dinding dengan ukiran di dalamnya. Ukiran tersebut bercerita tentang dua hal, yakni tentang kejayaan Banten Lama dan tentang bagaimana vihara ini digunakan sebagai tempat berlindung saat terjadi tsunami beserta letusan Gunung Krakatau tahun 1883. 

https://www.indonesiakaya.com/jelajah-indonesia/detail/berkunjung-ke-cagar-budaya-vihara-avalokitesvara-yang-tertua-di-banten