lihat semua

BANGKA BELITUNG SERUMPUN SEBALAI

Tue, 22 September 2020

 

YUK, KE BELITUNG! 

 

Halo, Sobat Budya! 

 

Kali ini, Kampung Budaya 2020 akan merangkum beberapa fakta menarik seputar Provinsi yang terkenal dengan keindahan alam nya yang dijadikan sebagai latar film “Laskar Pelangi”. Wah, ada fakta menarik apa saja ya di negeri Laskar Pelangi ini? Yuk, simak fakta-fakta menariknya, sekaligus ada rekomendasi bahasa lokal juga, lho

 

1. Mentilin, Primata Terkecil di Dunia Fauna Endemik Belitung

Mentilin (Tarsius bancanus) - Tribunnewswiki.com Mobile

Tahu nggak sih, Belitung punya hewan endemik yang bernama Mentilin? Kenalan dulu yuk sama hewan mungil yang satu ini! Mentilin dijadikan sebagai hewan identitas Pulau Bangka. Mentilin memiliki nama ilmiah yaitu Cephalopachus bancanus. Spesies ini tersebar di bagian selatan Sumatra dan Bangka Belitung. Hewan mungil ini memiliki kemampuan melompat yang handal karena kaki belakangnya sangat panjang, hampir dua kali panjang tubuhnya. Tubuhnya realtf kecil dengan panjang hanya berkisar 12-15 cm. Mentilin dapat melompat dengan jarak tempuh mencapai 3 meter, lho, Sobat! Hebat yah

Selain memiliki kemampuan dalam melonpat jarak jauh, Mentilin juga memiliki peran penting dalam pemberantasan hama perkebunan. Primata bermata besar, namun bertubuh mungil ini merupakan primata nokturnal insektivora. Ciri-ciri lainnya adalah hidup berkelompok selama musim kawin dan bayi Mentilin akan lahir setelah 6 bulan masa kehamilan. Mentilin juga dikenal sebagai primata terkecil di dunia, lho Sobat! Biasanya, Mentilin muda cenderung hidup menyendiri, sedangkan Mentilin tua cenderung hidup berpasangan. Aww

Tapi, ada kabar buruk yang menimpa hewan mungil ini, Sobat. Berdasarkan daftar kasus konservasi IUCN, Mentilin tergolong spesies yang RENTAN PUNAH. Hal ini terjadi karena terganggunya habitat Mentilin oleh pembukaan hutan yang semakin marak terjadi untuk dijadikan area pertambangan, perkebunan, dan pemukiman.

Mari bersama-sama kita kenali dan jaga kelestarian Mentilin di Indonesia!

https://bangka.tribunnews.com/2019/02/18/kenali-mentilin-atau-tarsius-hewan-maskot-bangka-belitung-yang-kini-langka-dan-sulit-ditemukan

https://primata.ipb.ac.id/tarsius-bancanus/

 

2. Pemakaman Tionghoa Terbesar se-Asia Tenggara

Sentosa, Pekuburan Tionghoa Terluas di Asia Tenggara | Good News ...

Sobat Budaya pasti pernah kan melewati pemakaman Tionghoa? Biasanya kita lebih akrab menyebutnya dengan nama kuburan cina, betul? Di Pangkal Pinang, Belitung, Sobat akan menjumpai pemandangan kuburan cina yang tidak biasa, nih. Salah satu makam terbesarnya bernama kuburan Cina Sentosa yang dibangun pada tahun 1935. Makam ini memiliki luas sekitar 27 Ha dan menjadi pemakaman Tionghoa terluas di Indonesia bahkan se-Asia Tenggara, lho! Luas ya!

Setiap tahunnya diadakan tradisi Sembahyang kubur atau Ceng Beng atau Qing Ming. Ibadah sembahyang ini tak lain bertujuan untuk memberikan penghormatan terhadap leluhur mereka yang sudah terlebih dahulu berpulang. Uniknya, selain masayarakat Tionghoa, masyarakat Katolik dan Islam pun banyak yang dimakamkan disini. Harga makam disini juga cukup fantastis, ada yang sampai ratusan juta hingga milirian. Fantastis bukan?

Bagi pecinta fotografi,  Makam Cina Sentosa bisa dijadikan rekomendasi tempat yang bisa dikunjungi karena memberikan kesan tersendiri. Apalagi jika ditemani seorang model yang memakai busana cheonsnam (busana tradisional Cina). Pasti hasilnya dijamin keren, deh!

Nah, bagaimana tertarik untuk mengunjunginya?

https://www.goodnewsfromindonesia.id/2016/03/07/sentosa-pekuburan-tionghoa-terluas-di-asia-tenggara

 

3. Nasi Bedulang Bisa Untuk 4 Orang 

Tradisi Makan Bedulang di Timpo Duluk Belitung - Katerina

Bangka Belitung memiliki makanan yang unik dengan cita rasa yang menarik. Makanan tersebut adalah nasi Bedulang. Yap, nasi Bedulang merupakan sepaket makanan yang berisi 6 piring dan 1 mangkok yang diletakkan diatas sebuah dulang (nampan) yang ditutup dengan tudung saji. Piring yang berjumlah 6 buah berisi berbagai lauk pauk, sedangkan di dalam mangkok berisi makanan berkuah yang diletakkan di tengah sajian nasi Bedulang. Nasi Bedulang dijadikan tradisi makan yang dilakukan oleh masyarakat Belitung saat upacara adat, seperti pernikahan, sunatan, kelahiran atau disajikan untuk makan malam keluarga. Tradisi ini penting dilakukan untuk membuat hubungan tiap anggota keluarga lebih dekat, harmonis dan terasa kebersamaannya. 

Tahu gak sih, ada etika tertentu saat melakukan tradisi Bedulang di upacara adat, yaitu saat makan anggota keluarga yang paling muda mengambil piring dan lauk untuk anggota yang lebih tua, selain usia, faktor sosial pun diperhitungkan juga, lho. Selain itu, prosesi makan ini juga tidak menggunakan sendok, melainkan menggunakan jari tangan. 

Seru ya makan nasi dan lauk bersama-sama!

https://food.detik.com/info-kuliner/d-4333579/bedulang-tradisi-makan-khas-belitung-untuk-kebersamaan

http://www.kedaimadina.com/p/makan-bedulang.html

 

4. Motif Batik Belitung Dikenakan Putri Indonesia 2018

Siapa yang tidak kenal batik. Tapi, seberapa kenal Sobat Budaya dengan motif batik Indonesia? Sobat pasti sudah tahu kan, pada 2 Oktober 2009, UNESCO telah menetapkan batik sebagai warian budaya asli dari Indonesia. 

Batik yang awalnya hanya ditemukan di Pulau Jawa, kini semakin banyak daerah di luar Pulau Jawa yang membuat batik dengan ciri khas kedaerahannya nya tersendiri. Tak terkecuali Bangka Belitung. Kira-kira apa ya motif batiknya?

Ada banyak motif batik yang ada di Belitung, salah satunya motif daun simpor. Motif daun simpor semakin populer ketika dikenakan oleh Putri Indonesia 2018, Sonia Fergina Citra diajang tersebut. Beberapa ciri khas batik daun simpor yang menjadikannya unik antara lain, beraneka ragam warna dari mulai kuning hingga biru laut. Memiliki motif khas yang meliputi motif bunga dan daun simpor, motif ikan cempedik, motif kantung semar, dan motif gelas kopi. Selain itu, alat yang digunakan untuk membuat batik berukuran besar juga berbeda dari batik daerah lainnya, yaitu dengan menggunakan kuas. bukan canting. 

Batik daun simpor juga masih langka loh, Sobat. Jika Sobat berkesempatan mengunjungi Belitung, jangan lupa membeli batik daun simpor, ya!

https://belitung.tribunnews.com/2020/01/26/lima-motif-batik-belitung-terpopuler-ada-daun-simpor-yang-dikenakan-putri-indonesia-2018 

https://merahputih.com/post/read/mengenal-batik-de-simpor-batik-khas-belitung-timur

 

5. Pantai Tanjung Tinggi, Laskar Pelangi 

√ Pantai Tanjung Tinggi Belitung dan Laskar Pelangi, Peta Lokasi ...

Belitung memiliki potensi wisata yang luar biasa, terutama wisata bahari. Sebagai salah satu destinasi wisata prioritas, Belitung memperkenalkan keindahan alamnya yang menakjubkan sebagai fokus pengembangan pariwisata. Pantai Laskar Pelangi. Masih ingat degan salah satu sequel film Laskar Pelangi? Yap, lokasi syuting yang mengambil set di pantai berbatu granit raksasa itu sangat ikonik yah, Sobat? Pantai itu bernama Pantai Tanjung Tinggi. 

Pantai Tanjung Tinggi terletak di Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Bangka Belitung. Selain kecantikan pantainya, daya tarik Pantai Tanjung Tinggi sebenarnya ada pada hamparan batu-batu granit raksasa yang berada di sebelah timur pantai. 

Aktivitas yang bisa Sobat lakukan disini juga tidak hanya sekedar melihat pemandangan saja, tapi juga bisa menikmati hangatnya matahari terbenam alias sunset, berfoto cantik ala model, melakukan olahraga pantai seperti jetski, snorkling, bermain kano, menyelam atau sekedar berenang, karena kabarnya nih, ombak disini relatif tenang loh, jadi cocok untuk kegiatan olahraga air. 

Eitss, biasanya kalau sudah lelah berkegiatan, apa yang dilakukan? Betul sekali, makan. Tenang sajo, disini tersedia makanan dan minuman yang menyegarkan karena terdapat rumah makan disekitar pantai. Sobat bisa beristirahat di rumah makan sambil menikmati angin pantai. Segerrr

Ayo jadikan Belitung sebagai tujuan destinasimu! Jangan lupa abadikan setiap momment nya dengan kamera ya, Sobat! Biar ada kenangannya..

https://www.idntimes.com/travel/destination/yoshi/destinasi-wisata-pulau-belitung

 

6. Museum Timah Pertama di Asia

https://indonesiatripnews.com/media-files/2019/02/20190205_143032-e1549896757946.jpg

Kepulauan Bangka Belitung juga menyimpan sejarah pertambangan timah terbesar. Kegiatan pertambangan timah sudah lama dilakukan bahkan sebelum Indonesia merdeka. Dari berbagai peninggalan sejarah pertambangan timah yang ada, pemerintah setempat kemudian membuat Museum Timah Indonesia yang berlokasi di Jalan Jenderal Ahmad Yani no. 17, Pangkalpinang, Bangka pada tahun 1958. 

Selain itu, PT Timah juga membuat Museum Timah di Kota Muntok, Bangka Belitung dengan nama Museum Timah Indonesia Muntok pada tahun 1997. Perbedaan antara museum timah di Pangkalpinang dan di Muntok adalah museum yang ada di Pangkalpinang lebih banyak menceritakan sejarah pertimahan, sedangkan museum di Muntok lebih pada proses sejarah peleburan timah. Temuan paling tua, yaitu  Balok Timah peninggalan abad ke-8 yang kemudian diletakkan di Muntok. Museum Timah Indonesia ini menjadi museum timah pertama di Asia. 

https://kumparan.com/babelhits/wisata-sejarah-bangka-belitung-museum-timah-pertama-di-asia-1rSAws53hP2/full

 

7. Mau ke Belitung? Yuk, Belajar Dulu Bahasa Lokal Melayu Belitung!

Mengenal Bahasa Bangka | GPS Wisata Indonesia

KATA UNIK 

Mau = Mual 

KATA DASAR

Kamu (kepada sebaya) = Ko

Kamu (kepada yang lebih tua) = Ikam

Aku = aku 

Perkenalkan = Kenalek

Mau ngapain? = Nak ngape

Terimakasih = Makase

GOMBALAN MAUT

Kamu cantik sekali! = Kau lagak benar!

Kau ganteng sekali! = Kau ganteng benar!

Boleh saya duduk disini? = Kuang ke aku dudok de sinek?

Kamu sudah punya pacar? = Ko la ade ke biak?

Boleh minta nomor wa ga? = Kuang ke aku tau nomor wa ko?

Kamu mau ga jadi pacar aku? = Kau nak ke jadi biak aku? 

BELANJA

Saya ingin membeli = aku nak meli

Berapa harganya? = berape hargae e?

Terlalu mahal = mahal gilak

Boleh menawar tidak? = Kuang nawar ke?

Boleh lihat = Kuang ke ngeliat?

Boleh saya coba dulu? = Kuang ke nyube duluk?

Bisa tolong dibungkus? = Dapat tulong de bungkus ke?

https://belitung.tribunnews.com/2019/11/26/mau-ke-belitung-ini-bahasa-lokal-yang-harus-anda-tahu

http://kamusbahasababel.blogspot.com/2013/11/kamus-bahasa-bangka-belitung-aban-sama.html